Implementasi model pembelajaran kuantum berbasis quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Pangkung Karung
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6566356Keywords:
model pembelajaran kuantum, quizizz, prestasi belajar PKNAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Pangkungkarung berlokasi di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V Semester II tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar PKN. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum berbasis quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar PKN peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan penelitian adalah: (a) nilai rata-rata prestasi belajar PKN minimal stara dengan KKM=76 dan (b) ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 64,82 meningkat menjadi 73,73 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,91 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar awal 27% pada siklus I meningkat menjadi 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran kuantum berbasis quizizz dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PKN siswa Kelas V Semester II tahun pelajaran 2020/2021.
This research was conducted at SD Negeri 2 Pangkungkarung located in Kerambitan District, Tabanan Regency, Bali. The research subjects were Class V Semester II students in the 2020/2021 academic year. While the object of research is PKN learning achievement. The purpose of this classroom action research is to find out whether the application of the quizizz-based quantum learning model can improve students' learning achievement in PKN. This classroom action research was conducted in two cycles through the stages of planning, implementing, observing, and reflecting. Learning achievement test is a tool used in collecting research data which is then analyzed using descriptive analysis. The criteria for research success are: (a) the average value of PKN learning achievement is at least strata with KKM = 76 and (b) classical learning completeness is at least 85%. The results obtained from this study indicate an increase in the ability of students to follow the learning process from the initial average of 64.82 increasing to 73.73 in the first cycle and increasing to 81.91 in the second cycle. While the initial learning completeness 27% in the first cycle increased to 73% and in the second cycle increased to 91%. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the quizizz-based quantum learning model in the implementation of the learning process is able to improve the learning achievement of PKN students in Class V Semester II for the 2020/2021 academic year.
Downloads
References
Amornchewin, Ratchadaporn. (2018). The development of sql language skil in data definition and data manipulation languages using exercises with quizizz for students’ learning engagement. Indonesian Journal of Informatics Education, 2(2), 85-90.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Cadieux D., Hurt, June W., Richard, Mary Kathleen. (2017). Implementing digital tools to support student questioning abilities: a collaborative action research report. Journal Inquiry in Education, 9(1), 1-14.
Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711
Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran online berbasis quizizz. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231-240.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Nugroho, B. A. P. (2013). Keefektifan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kuantum teknik tandur dan teknik ambak pada peserta didik SMP (RSBI dan Non-RSBI. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 49-53.
Nyoman Ngurah Sumudra, I. B. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar PKN pada siswa kelas V SD Negeri Kayubihi Semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-8.
Pasti, N. N. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar PKN pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Lalang Linggah semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-8.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760720
Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Implementasi e-learning aplikasi quizizz untuk meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Mandarin di purwokerto. Prosiding, 10(1), 308-316
Wati, N. N. K., Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Pelatihan penyusunan perangkat dan media pembelajaran untuk kondisi khusus pada kkg sd kelas ii kecamatan buleleng. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 101-108.
Widana, I. W. (2012). Upaya peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran open-ended. Emasains, 1(1), 43-49. ISSN 2302-2124.
Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). Analisis keterampilan menulis teks ulasan dengan metode quantum learning berbantukan google classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1-9.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Made Pujawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.