Penerapan model pembelajaran berbasis STEM dalam upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 7 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6566334Keywords:
model pembelajaran STEM, respon, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar dan bagaimana respon siswa pada materi benzena dan turunannya. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dirancang melalui penelitian tindakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 7 semester genap SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, dan objek penelitian ini adalah hasil belajar kimia respon siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes sebagai data angka sedangkan pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi untuk data kualitatif. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian bila nilai rata-rata hasil belajar kimia minimal setara dengan KKM=70 dan respon siswa minimal kategori baik. Hasil penelitian diperoleh dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59, pada siklus I meningkat menjadi 69, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,71. Respon siswa terhadap implementasi pembelajaran STEM pada siklus I sebesar 68,91 (cukup baik), dan pada siklus II menjadi 75,51 (baik). Kesimpulan, penerapan model pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benzena dan turunannya pada siswa kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.
The purpose of this study was to determine whether the application of STEM-based learning models can improve learning outcomes and how students respond to benzene and its derivatives. This research is in the form of classroom action research which is designed through action research in learning activities in the classroom. The subjects of this study were students of class XII MIPA 7 even semester of SMA Negeri 7 Denpasar in the 2019/2020 school year, and the object of this research was the results of student response chemistry learning. Data was collected using a test instrument as numerical data, while data collection was done using observation techniques for qualitative data. The data analysis method used a qualitative descriptive method. The criteria for research success if the average value of chemistry learning outcomes is at least equivalent to KKM = 70 and student responses are at least good category. The results obtained from the average value in the pre-cycle of 59, in the first cycle increased to 69, and in the second cycle increased again to 75.71. The student response to the implementation of STEM learning in the first cycle was 68.91 (good enough), and in the second cycle it was 75.51 (good). In conclusion, the application of the STEM-based learning model can improve student learning outcomes on benzene material and its derivatives in class XII MIPA 7 SMA Negeri 7 Denpasar in the 2019/2020 school year.
Downloads
References
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.
Aryanta, I. K. D. (2020). Implementasi aplikasi UKBM berorientasi STEM untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 357-365.
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 1(1), 325-334.
Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.
Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129.
Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 664-678.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20-27.
Nur, M., & Nasir, M. (2019). PKM musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA terpadu di Kabupaten Wajo untuk penerapan model-model pembelajaran kurikulum 2013 Revisi 2017. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JurDikMas) Sosiosaintifik, 1(1), 1-8.
Rukmansyah, E. T. (2020). Model pembelajaran berbasis RASTEM untuk meningkatkan critical thinking skills di era revolusi industri 4.0. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 102-109.
Sudiya, I. W. (2020). Penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dalam penyetaraan persamaan reaksi redoks. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 69-74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760692
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 771-782.
Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Jurnal Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang, 5(2), 445-458.
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Widana, I. W., Sumandya, I.W., & Suhardita, K. (2020). Pendidikan antikorupsi berbasis Tri Kaya Parisudha. Mahameru Press.
Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Belman Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.