Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit

Authors

  • Gede Lider SD Negeri 5 Sangsit

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177

Keywords:

model pembelajaran Problem Based Learning, Quizizz, prestasi belajar Matematika

Abstract

Pembelajaran Matematika di Kelas VI Semester I tahun pelajaran 2020/2021 mengalami masalah dalam belajar yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar Matematika. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa SD di Kelas VI SD Negeri 5 Sangsit, sedangkan objek penelitian ini hasil belajar siswa matematika. Metode pengumpulan data menggunakan isntrumen tes prestasi belajar matematika. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah nilai rata-rata prestasi belajar matematika secara klasikal minimal sebesar KKM (76) mata pelajaran Matematika yang ditetapkan di sekolah dan ketuntasan secara klasiklal minimal 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Data awal menunjukkan nilai rata-rata 61,00 dengan ketuntasan secara klasikal 45%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73,45 dengan ketuntasan 68% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83,97 dengan ketuntasan secara klasikal 94%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada muatan Operasi Hitung Campuran pada siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit Tahun Pelajaran 2020/2021.

Learning Mathematics in Class VI Semester I for the 2020/2021 academic year experienced problems in learning which resulted in low Mathematics learning achievement. The purpose of this classroom action research is to improve the Mathematics learning achievement of Class VI students in Semester I SD Negeri 5 Sangsit for the 2020/2021 academic year. The subjects of this study were elementary school students in class VI of SD Negeri 5 Sangsit, while the object of this research was the learning outcomes of mathematics students. Methods of data collection using the instrument of mathematics learning achievement test. The data analysis method is descriptive qualitative as well as for quantitative data. The success criteria set are the average value of classical mathematics learning achievement of at least KKM (72) Mathematics subjects set at school and classical completeness of at least 85%. The results obtained from this study are as follows. Preliminary data shows an average value of 61.00 with classical completeness of 45%. In the first cycle it reached an average value of 73.45 with a completeness of 68% and in the second cycle it reached an average value of 83.97 with a classical completeness of 94%. The conclusion obtained from this research is that the application of the Problem Based Learning learning model assisted by the Quizizz application can improve learning achievement in Mathematics on the load of Mixed Counting Operations in Class VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit Academic Year 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711

Chaiyo, Yanawut. (2017). “The Effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the Student Perception in the Classroom Response System”. Journal Chiang Rai College. Thailand.

Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159. ISSN 2302-2124

Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT Based-Problem Based Learning on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38-42.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Sinurat, F. M. indah. (2021). Pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 130-137. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781872

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).

Sriwati, I.G.A.P. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. (2021). Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 302-313. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635

Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X (1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Widana, I. W. (2021). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450 – 462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Published

2022-05-27

How to Cite

Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177

Issue

Section

Articles