Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Sawan
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6570025Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajarAbstract
Kelemahan-kelemahan pelaksanaan proses pembelajaran harus diupayakan melalui sebuah penelitian tindakan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Upaya yang dilakukan ini, tidak main-main karena dilakukan dengan membaca teori-teori yang disampaikan para ahli pendidikan untuk diterapkan secara benar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas II di SD Negeri 3 Sawan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Metode analisis data adalah menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah nilai rata-rata kelas minimal setara dengan nilai KKM dan ketuntasan secara klasikal mencapai minimal 85%. Sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata kelas sebesar 54,67 dengan ketuntasan belajar 60%. Pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 72,00 dengan ketuntasan belajar 73% dan pada siklus II naik menjadi 85,33 dengan ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 100%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar.
Weaknesses in the implementation of the learning process must be addressed through an action research. This encourages researchers to conduct classroom action research. This study aims to improve the learning process as well as to improve student achievement. This effort is not kidding because it is done by reading the theories presented by educational experts to be applied correctly in carrying out the learning process. The research subjects were second grade students at SD Negeri 3 Sawan in the first semester of the 2018/2019 academic year. The object of research is the achievement of learning Indonesian. The method of data collection is done through tests. The method of data analysis is using descriptive analysis. The success criteria set are the minimum grade average equivalent to the KKM score and classical completeness reaching a minimum of 85%. Prior to the research, the class average score was 54.67 with 60% learning completeness. In the first cycle the class average rose to 72.00 with 73% learning completeness and in the second cycle it rose to 85.33 with their learning completeness reached 100%. The data in cycle II show that the expected success has been achieved and has even exceeded the indicators of the success of the proposed research. Thus, the researchers concluded that the jigsaw cooperative learning model applied in the learning process was able to improve learning achievement.
Downloads
References
Al-Tabany. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. PT. Kencana.
Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.
Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129. ISSN 2302-2124.
Habibi, M. R. (2020). Meningkatkan keterampilan proses sains pada pelajaran tema 5 melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas IV SDN 1 Sembalun Bumbung Lombok Utara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Jihad, A. & Haris, A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo.
Lauren, C., & Puspasari, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian kelas XI OTKP di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 36-46.
Naibaho, G.T. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada konsep zat di kelas VII SMP Negeri 3 Hinai Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1), 59-64.
Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064
Rachmasagita, A.A.A. & Pahlevi, T. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP pada materi prosedur penyusunan laporan keuangan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 07(03), 105-110.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Taniredja, T., dkk. (2015). Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Alfabeta.
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141.
Widana, I. W., Suarta, I. M., Citrawan, I. W. (2019). Application of simpang tegar method: Using data comparison. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 11(2)-Special Issue on Social Sciences, 1825-1832, http://www.jardcs.org/abstract.php?id=1563
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Putu Toya Darmita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.