Penerapan model pembelajaran kuantum berbasis quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama hindu dan budi pekerti
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6570283Keywords:
Model pembelajaran kuantum, quizizz, restasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Sangsit Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Subjek penelitian ini adalah siswa di Kelas VI A Semester II SD Negeri 1 Sangsit, sedangkan objek penelitian ini prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Metode analisis data penelitian ini mengguakan analisis deskriptif kuantitatif. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum berbasis quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dinyatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (a) nilai rata-rata kelas minimal setara dengan nilai KKM=70 dan (b) ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 63,03 meningkat menjadi 70,74 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,93 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 43% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 97%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran kuantum dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampumeningkatkan prestasi belajar siswa.
This research was conducted at SD Negeri 1 Sangsit, Buleleng Regency, Bali Province. The subjects of this research are students in Class VI A Semester II SD Negeri 1 Sangsit, while the object of this research is learning achievement in Hindu Religion and Budi Pekerti. Student achievement data was collected using an instrument in the form of a learning outcome test. This research data analysis method uses quantitative descriptive analysis. The purpose of this classroom action research is to find out whether the application of the quizizz-based quantum learning model can improve students' learning achievement of Hindu Religion and Moral Education. This classroom action research was conducted in two cycles through the stages of planning, implementing, observing and reflecting. This research is declared successful if it meets the following criteria: (a) the minimum grade average is equivalent to the KKM value = 70 and (b) classical learning completeness is at least 85%. The results obtained from this study indicate an increase in the ability of students to follow the learning process from an initial average of 63.03 increasing to 70.74 in the first cycle and increasing to 83.93 in the second cycle with 43% early learning completeness in the first cycle increasing to 74% and in the second cycle increased to 97%. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the quantum learning model in the implementation of the learning process is able to improve student achievement.
Downloads
References
Boulden, D. C., Hurt, J. W., & Richardson, M. K. (2017). Implementing digital tools to support student questioning abilities: A Collaborative Action Research Report. Inquiry in Education, 9(1), 1-14.
Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138
Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran online berbasis QUIZIZZ. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231-240.
Luhrini, D. W. (2019). Metode tanya jawab multiarah sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 4 Tonja. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 9-17.
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Mulyadi, I. N. (2019). Penerapan model pembelajaran mastery learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IXB SMP Negeri 3 Selat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 289-296.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Putri, N. W., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan alat evaluasi bantuan aplikasi “quizizz” pada mata pelajaran marketing kelas X jurusan BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 985-991.
Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). 1-7
Seriasih, N. W. (2020). Penerapan model pembelajaran think pair square berbantuan LKS untuk meningkatkan hasil belajar agama Hindu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 471-480. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286777
Sinurat, F. M. indah. (2021). Pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 130-137. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781872
Sunardi, D. O. D. I. (2020). Hubungan Meningkatnya Hasil Belajar Siswa SMP dengan Penerapan Media Evaluasi Pembelajaran Inovatif Quizizz. Jurnal Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 94-116.
Sumudra, I. B. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkanprestasi belajar pkn pada siswa kelas V SD Negeri Kayubihi semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(2), 1-8.
Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2), 112-122.
Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992.
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155-166.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Nengah Sudiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.