Penggunaan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 3 Sawan
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6575126Keywords:
model pembelajaran kuantum, prestasi belajar, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sawan Kabupaten Buleleng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar setelah diimplementasikan model pembelajaran kuantum. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Semester I SD Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 17 orang. Sedangkan objek penelitian penelitian adalah prestasi belajar bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ditetapkan sebagai berikut: (a) nilai rata-rata kelas minimal sebesar nilai KKM=67 dan (b) ketuntasan belajar secara klasikla minimal 85%. Sebelum penelitian dilaksanakan, rata-rata prestasi belajar bahasa Indonesia hanya mencapai 60,00 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata prestasi belajar bahasa Indonesia kelas III SDN 3 Sawan sebesar 70,00 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 71%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas secara klasikal mencapai 81,65 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 94%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini dengan penggunaan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatakan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III Semester I SD Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2018/2019.
This research was conducted at SD Negeri 3 Sawan, Buleleng Regency. The purpose of this study was to determine how high the increase in learning achievement was after the implementation of the quantum learning model. The subjects of the research were students of class III Semester I SD Negeri 3 Sawan for the academic year 2018/2019 totaling 17 people. While the object of research is the achievement of learning Indonesian. Data was collected using a learning achievement test instrument. The data analysis technique in this research is descriptive qualitative. The criteria for the success of the research are set as follows: (a) the average class score is at least the KKM (67) value and (b) classical learning completeness is at least 85%. Before the research was conducted, the average learning achievement of Indonesian only reached 60.00 with classical completeness of 47%. The results showed that in the first cycle the average learning achievement of Indonesian class III SDN 3 Sawan was 70.00 with classical completeness reaching 71%. While in the second cycle, the average value of the class classically reached 81.65 with classical completeness reaching 94%. The conclusions obtained from this study using the Quantum learning model can improve the learning achievement of Indonesian students in class III Semester I SD Negeri 3 Sawan for the 2018/2019 academic year.
Downloads
References
Anniati, N. (2021). Penerapan model pembelajaran cooperatif type jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pada mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 70-74.
Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1) 53-64
Bolla, W. F. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Kupang dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 25-34.
Boyadi, S. P. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) siswa kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 3(2), 1-9.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2) 168-181
Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138
Joko, J. (2018). Komunikasi instruksional guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa (studi komunikator pada smpn 5 kendari). Widya Komunika, 8(2), 98-116.
Nainggolan, B., & Sinaga, R. D. (2015). Penerapan model quantum teaching menggunakan media peta konsep dalam pembelajaran struktur atom di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 62-69.
Pranata, J., Aprianto, F. R., Ruswandi, A., & Pangestu, L. (2016). Penerapan model pembelajaran quantum berbasis media interaktif pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama. Jurnal IPA, 1(2), 534-539.
Rohmanurmeta, F. M. R. (2016). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui metode pembelajaran quantum teaching bagi siswa kelas IV. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02). 253-262
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.
Setiasih, N. W. (2019). Penggunaan model pembelajaran kuantum sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas VI. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 319-324.
Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2) 78-86
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148-157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Vuri, D. (2016). Penerapan pendekatan pengalaman berbahasa dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas rendah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1) 24-30
Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96-102.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Luh Yudiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.