Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI semester I SDN 3 Sudaji
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri, Prestasi Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Subjek penelitian siswa Kelas VI semester I SDN 3 Sudaji. Objek penelitian adalah prestasi belajar Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VI semester I SDN 3 Sudaji Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data diperoleh lewat pemberian tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 63,03 dengan ketuntasan belajar 43% pada siklus I naik menjadi 70,74 dengan ketuntasan belajar 74%, dan pada siklus II naik menjadi 83,93 dengan ketuntasan belajar 97%. Hasil penelitian tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa usaha maksimal penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester I SDN 3 Sudaji Tahun Pelajaran 2019/2020.
The progress of the quality of education, especially the improvement of the learning process carried out by teachers in schools, will be able to be pursued through an action research. Therefore, the author tries to do this research for the sake of these improvements. The research subjects were Class VI students in the first semester of SDN 3 Sudaji. The object of research is the achievement of learning Indonesian. The purpose of the study was to improve the learning achievement of Indonesian Class VI students in the first semester of SDN 3 Sudaji for the 2019/2020 academic year. The method of data collection was obtained through the provision of tests. The data analysis method used descriptive analysis. The criteria for the success of this research activity resulted in an expected increase, namely the increase in initial data acquisition which only reached 63.03 with 43% learning completeness in the first cycle increasing to 70.74 with 74% learning completeness, and in the second cycle increasing to 83.93 with learning completeness 97%. The results of this study prove the success of this study, so the researcher concludes that maximum effort using the Inquiry learning model can improve the learning achievement of Indonesian class VI students in the first semester of SDN 3 Sudaji in the 2019/2020 academic year.
Downloads
References
Amdani, K., & Suryadi, A. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas IX semester I SMP Swasta Sabilina Tembung. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1).
Ardiawan, I. K. N. (2020, June). Implementasi pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 2).
Arifian, F. D. (2017). Pendekatan PAIKEM sebagai Solusi atas Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 148-164.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Budiarsa, I. G. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 650-660.
Kalensang, A. T., Kaunang, M., & Takalumang, L. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran seni musik materi tangga nada di SMP Negeri 2 Bitung. Kompetensi: Jurnal Bahasa dan Seni, 1(12), 1001-1008.
Nana, N., & Pramono, H. (2019). Upaya Peningkatan kemampuan kognitif dan komunikasi ilmiah siswa kelas x mia 1 sma negeri 1 ciamis menggunakan model pembelajaran inquiry. Diffraction, 1(1).
Parwata, I. N. (2019). Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas VII B semester I di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-10.
Pontri, N. N. (2017). Meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran inquiri dibantu alat peraga gambar untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas II semester I SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Ajaran 2016/2017. Daiwi Widya, 4(2).
Sukarmi, G. A. P. (2020). Optimalisasi penggunaan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 2(2), 7-12.
Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2).
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Desak Putu Agung Dharmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.