Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester I SD Negeri 3 SUWUG berbantuan platform zoom cloud meeting

Authors

  • I Gede Sumaka SD Negeri 3 Suwug

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6575094

Keywords:

Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri 3 Suwug semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 17 orang. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan ditetapkan bila memenuhi nilai rata-rata kelas minimal setara dengan nilai KKM (72) dan ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 66,33 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 54%. Prestasi belajar matematika siswa meningkat menjadi 73,21 pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 79%. Prestasi belajar matematika siswa terus meningkat menjadi 84,96 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 3 Suwug semester I Tahun Pelajaran 2020/2021.

This classroom action research aims to determine the improvement of students' mathematics learning achievement through the implementation of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI). The subjects in this study were sixth grade students of SD Negeri 3 Suwug in the first semester of the 2020/2021 academic year with a total of 17 students. While the object of research is the result of learning mathematics. The method of collecting data on students' mathematics learning achievement was collected using a learning achievement test. Data analysis techniques in this study were analyzed using descriptive qualitative statistical analysis. The criteria for success are determined if the class average score is at least equivalent to the KKM score (72) and classical completeness is at least 85%. The results showed an increase in students' learning achievement in mathematics following the learning process from an initial average of 66.33 with classical completeness of 54%. Students' mathematics learning achievement increased to 73.21 in the first cycle with classical completeness reaching 79%. Students' mathematics learning achievement continued to increase to 84.96 in the second cycle with 100% learning completeness. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) in the implementation of the learning process is able to improve mathematics learning achievement for grade VI students of SD Negeri 3 Suwug in the first semester of the 2020/2021 academic year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaluddin, A., & Pos, J. J. K.(2014) Pengembangan LKK dengan pendekatan PMRI pada materi limas dan prisma tegak. Upright Materials, 2(1), 1-8.

Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158

Guk Guk, T. R. (2018). Penerapan model pembelajaran tuntas untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas v sd negeri 137524 tanjungbalai. Jurnal Ilmiah Kohesi, 2(4). 105-112

Indriyani, Y. D., Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2020). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan pendekatan rme. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Kartika, N. W. (2019). Pendekatan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Widyadari, 21(26), 1-8.

Ningsih, P. R. (2012). Penerapan metode realistic mathematics education (RME) pada pokok bahasan perbandingan senilai dan berbalik nilai di Kelas VII E SMP Ipiems Surabaya. Gamatika, 3(2). 177-184

Nurfadilah, S., & Sari, D. S. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualy (tai) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 1 rangsang barat kabupaten kepulauan meranti. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 149-162.

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). 233-245

Seleky, C. N., Moma, L., & Huwaa, N. C. (2020). Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran discovery learning pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria, 1(1), 13-19.

Sihotang, S. F., & Ramadhani, R. (2021). Analisis kemampuan penggunaan teknologi informasi mahasiswa dalam pembelajaran matematika di era pandemi covid-19. Jurnal ilmiah matematika dan terapan, 18(1), 47-61.

Widana, I. W. (2021). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450 – 462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740

Yuberta, K. R., & Kurnia, L. (2017). RME sebagai alternatif pendekatan pembelajaran matematika untuk membangun generasi kreatif dan berkarakter. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 303-310.

Published

2022-05-27

How to Cite

Sumaka, I. G. (2022). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester I SD Negeri 3 SUWUG berbantuan platform zoom cloud meeting. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 142-151. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575094

Issue

Section

Articles