Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share untuk meningkatkan prestasi belajar PJOK

Authors

  • I Gede Susila SD Negeri 3 Bontihing

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6570031

Keywords:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PJOK siswa kelas VI Semester I SD Negeri 3 Bontihing Singaraja. Terpacu oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VI Semester I SD Negeri 3 Bontihing Singaraja pada mata pelajaran PJOK yang baru mencapai rata-rata 72,14 dengan ketuntasan belajar hanya mencapai 48% itu artinya mash banyak siswa yang belum memperoleh nilai sesuai dengan KKM. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 21 yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Objek Penelitian motivasi dan hasil belajar PJOK. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatife tipe TPS (Thing-Pair-Share) dalam mata PJOK telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Kriteria keberhasian dapat dilihat dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 72,14 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 78,53 atau mengalami peningkatan. Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 85,58. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 48% pada data awal menjadi 71% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 100%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK.

The purpose of this study was to improve learning outcomes of PJOK subjects for sixth grade students in the first semester of SD Negeri 3 Bontihing Singaraja. Spurred on by the low learning achievement of Grade VI students in Semester I of SD Negeri 3 Bontihing Singaraja in PJOK subjects, which only reached an average of 72.14 with learning completeness only reaching 48%, it means that there are still many students who have not obtained grades in accordance with the KKM. The research subjects were 21st semester VI students in the 2020/2021 academic year, consisting of 10 male students and 11 female students. Research object motivation and learning outcomes of PJOK. This classroom action research was conducted in two stages, namely cycle I and cycle II. Methods of data collection using a learning achievement test. The method of data analysis is in the form of quantitative descriptive analysis. The results showed that the application of the TPS (Thing-Pair-Share) cooperative learning model in PJOK's eyes had increased student achievement. The criteria for success can be seen by an increase in learning achievement from the initial data the average value of 72.14 in the first cycle the average increased to 78.53 or experienced an increase. In the second cycle, student learning achievement also increased to 85.58. Student learning mastery also increased from 48% in the initial data to 71% in cycle I and in cycle II, completeness also increased to 100%. It is concluded that the Think Pair Share (TPS) learning model can improve PJOK learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arhesa, S. (2020). Buku jago renang. Ilmu Cemerlang Group.

Damiati, N. (2016). Melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media cerita bergambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Daiwi Widya, 3(1), 67-76.

Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2014). Implementasi model-model pembelajaran penjas dalam meningkatkan kemampuan guru memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran penjasorkes. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak sekolah dasar melalui perancangan game simulasi" Warungku". ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122-133.

Kiswantoko, D., & Wijaya, M. (2018). Perbandingan pemanasan bermain dan pemanasan classic (statis dan dinamis) terhadap minat dalam pembelajaran renang gaya dada pada kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun 2018.

Mikran, M., Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada konsep gerak. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(2), 9-16.

Pratiwi, E. (2021). Buku ajar strategi pembelajaran pendidikan jasmani (pedoman guru dalam mengajar penjas).

Puspandini, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dengan bantuan alat peraga terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Seknun, M. Y. (2014). Telaah kritis terhadap perencanaan dalam proses pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 80-91.

Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111.

Widana, I. W. (2016). Sensitivitas Mendeteksi Bias Butir Metode Uji Beda Taraf Sukar, Khi-Kuadrat Lord dan Distribusi Sampling Empiris. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 77-85. https://doi.org/10.21009/JEP.072.01

Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992

Published

2022-05-27

How to Cite

Susila, I. G. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share untuk meningkatkan prestasi belajar PJOK. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 104-112. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570031

Issue

Section

Articles