Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas I semestar I SD Negeri 3 Jagaraga
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6566395Keywords:
Metode pemberian tugas, prestasi belajar bahasa indonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri 3 Jagaraga Kecamatan Sawan dengan menerapkan metode pemberian tugas. Rendahnya penguasaan anak dalam pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya metode pembelajaran dan media yang digunakannya, sehingga anak menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 3 Jagaraga Kecamatan Sawan dengan jumlah anak 23 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan,(3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi. Teknik analis data dalam penelitian ini yakni kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran anak kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian anak pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata anak hanya sebesar 63,08. Setelah tindakan siklus I penguasaan materi pembelajaran meningkat menjadi rata-rata 70,04 dengan anak tuntas 19 anak dan belum tuntas 6 anak. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 84,44 dengan 25 anak. Kesimpulan pemanfaatan metode pembelajaran pemberian tugas telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar anak.
This study aims to improve student achievement of SD Negeri 3 Jagaraga, Sawan District by applying the assignment method. The low mastery of children in learning is due to the lack of precise learning methods and the media they use, so that children become inactive, easily bored, and pay less attention to teacher explanations. The subjects of this study were students of SD Negeri 3 Jagaraga, Sawan District with 23 students, while the object of research was the result of learning Indonesian. The data collection method used a learning achievement test which was then analyzed using a qualitative descriptive analysis. This research was conducted in two cycles. Each cycle is carried out based on the stages: (1) formulating an activity plan, (2) implementing actions, (3) observing, and (4) analyzing followed by reflection. Data analysis techniques in this study are qualitative and quantitative. The results showed that according to the results of initial observations, children's learning was less active, easily bored, and children's attention to teacher explanations was very small so that the average score of children was only 63.08. After the first cycle of action, the mastery of learning material increased to an average of 70.04 with 19 children completing and 6 students not completing. The results of the action in the second cycle of material mastery after being given a learning achievement test increased to an average of 84.44 with 25 children. Conclusion that the use of the assignment-giving learning method has been able to be used as an alternative in improving children's learning achievement.
Downloads
References
Ansori, I., Endang, B., & Yusuf, A. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).1-10
Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika SMA kelas X berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459 – 468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 246-254.
Jaya, T. P., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30-35.
Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58-66.
Patonah, R. (2018). Pengaruh penerapan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Jurnal edukasi (ekonomi, pendidikan dan akuntansi), 4(4). 419-422
Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064
Rahayu, S. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 50-59.
Rai, N. K. (2020). Metode tanya jawab multiarah sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas vii-e semester i tahun pelajaran 2017/2018 di smp negeri 4 nusa penida. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1). 1907-3232
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.
Rubiati, & Sriwaty, W. (2020). Penerapan model inquratif dalam pembelajaran menulis teks biografi berbantuan media film. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 28-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760432
Sinurat, F. M. indah. (2021). Pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 130-137. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781872
Toheri, T. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Pembahasan Dimensi Tiga. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2). 48-58
Widana, I. W. (2016). Sensitivitas Mendeteksi Bias Butir Metode Uji Beda Taraf Sukar, Khi-Kuadrat Lord dan Distribusi Sampling Empiris. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 77-85. https://doi.org/10.21009/JEP.072.01
Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Gusti Ayu Suwantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.