Penerapan model creative prolem solving sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 3 Lemungkih

Authors

  • Ni Made Artini SD Negeri 3 Lemukih

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6566533

Keywords:

Model pembelajaran creative problem solving, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI semester I SD Negeri 3 Lemukih. Objek penelitian hasil belajar bahasa Indonesia pada tema 1, 2, dan 3. Tujuan penelitian agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini secara klasikal mencapai ketuntasan minimal 85% dan motivasi dari siswa minimal baik. Hasil Penelitian menunjukkan data awal sampai siklus II yaitu: data awal menunjukkan ketuntasan belajar hanya 59%, siklus I meningkat menjadi 71%, siklus II meningkat menjadi 100%. Kesimpulan, model pembelajaran creative problem solving yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat dilakukan guru.

This research is classroom action research. The subjects of this study were sixth grade students in the first semester of SD Negeri 3 Lemukih. The object of research on Indonesian language learning outcomes is on themes 1, 2, and 3. The aim of the research is to improve student achievement in accordance with the expected Learning Completeness Criteria. The method of data collection was carried out using a learning achievement test. The research data analysis method used descriptive qualitative analysis. The success criteria set out in this study classically reached at least 85% completeness and the motivation of the students was at least good. The results showed that the initial data for the second cycle were: the initial data showed that learning completeness was only 59%, the first cycle increased to 71%, the second cycle increased to 100%. In conclusion, the creative problem solving learning model applied by the teacher in the learning process has been able to improve student learning achievement well, and this learning method can be used as an alternative Indonesian language learning that can be done by the teacher.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 82-92.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di Gugus II Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(1), 1-12.

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Purnomo, Eko Andy dan Venissa Dian Mawarsari. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1), 287-295.

Rismadewi, N. W. M. (2019). Penerapan model creative problem solving pada guru sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 302-310.

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Setiani, D. (2022). Upaya peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia pada kelas iv melalui metode problem solving di sd negeri upt sarimbuah kecamatan gunung bintang awai kabupaten barito selatan. e-jurnal mitra pendidikan, 6(2), 102-116.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75-82.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). 45-53.

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109-117.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612

Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992

Wijaya, I. W. (2019). Realisasi pada model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v semester I sd negeri 4 tamanbali tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-8.

Wiratomo, Y. (2019). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Published

2022-05-27

How to Cite

Artini, N. M. (2022). Penerapan model creative prolem solving sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 3 Lemungkih. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 63-72. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566533

Issue

Section

Articles