Penggunaan media sosial youtube sebagai media pembelajaran daring pada ketrampilan mengekspresikan puisi bahasa Bali
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6566449Keywords:
bahasa Bali, daring, media sosial, pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media youtube dalam meningkatkan keterampilan mengekspresikan puisi Bahasa Bali Kelas XI IPB Semester Genap di SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021. Objek penelitian ini keterampilan mengekspresikan puisi Bahasa Bali. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Mengwi Kelas XII IPB semester 2 dengan jumlah 29 siswa dengan kriteria siswa laki-laki 6 dan siswa perempuan 23. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari empat komponen, yaitu, perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model desain Kurt Lewin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Metode analisis data penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Kriteria keberhasilan adalah nilai peserta didik mencapai minimum 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 80%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan pada keterampilan mengekspresikan peserta didik dengan menggunakan media youtube ini pada mata pelajaran bahasa Bali materi mengekspresikan puisi bahasa bali pada kelas XI IPB SMA Negeri 2 Mengwi bisa dilihat dari nilai rata-rata keterampilan mengekspresikan pada peserta didik pada pra-kegiatan yaitu 61,91 (rendah), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 72,29 (cukup), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,82 (sangat baik). Dan juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada pra-tindakan 24%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
The purpose of the study was to find out the efektivity use of youtube media in improving the skills of expressing Balinese poetry in Class XI IPB Even Semester at SMA Negeri 2 Mengwi in the 2020/2021 academic year. The object of this research is the improvement of skills in expressing Balinese poetry. The subjects of this study were students of SMA Negeri 2 Mengwi Class XII IPB semester 2 with a total of 29 students with criteria for male students 6 and female students 23. This research was a classroom action research (CAR), which was carried out in two cycles, where each cycle consisted of of four components, namely, planning, action, observation and reflection. This classroom action research uses Kurt Lewin's research model. The data collection method used is a observation sheet. The method of data analysis is descriptive qualitative and quantitative research. The criterion of success is that the student's score reaches a minimum of 65 with a classical mastery of at least 80%. The results of the research obtained are, There is an increase in students' expressing skills using YouTube media in Balinese language subjects, the material for expressing Balinese poetry in class XI IPB SMA Negeri 2 Mengwi can be seen from the average value of expressing skills in students in pre-school. -activity was 61.91 (low), then in the first cycle increased to 72.29 (enough), and in the second cycle increased again to 84.82 (very good). And it can also be seen from the percentage of completeness in the pre-action 24%, then in the first cycle it increases to 58% and in the second cycle it increases to 100%.
Downloads
References
Kurniasih Imas. (2014). Penelitian tindakan kelas. CV Solusi Distribusi.
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.
Lumbantobing, M. T., Samosir, A., & Tarigan, D. R. B. (2020). Tantangan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(2), 115-125.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana PROSNAMPAS, 3(1), 298-303.
Krismawati, E. M. (2022). Pembelajaran daring berbasis google classroom dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar geografi SMAN 2 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 609-616.
Setiawan, T. Y., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). Pemanfaatan youtube pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 di kelas IIC Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKN peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Ramadhanita, A. (2016). Pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi dengan menggunakan metode analisis wacana kritis pada siswa kelas VII mts al-amanah bandung tahun pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Satyani, I. A. P. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran inovatif berbasis daring melalui KKG mini dengan tutor teman. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 556-566.
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045, doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012045.
Yasmini, N. W. S. (2020). Integrasi satua Bali dalam konseling postmodern untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 190-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003860
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Putu Ayu Gede Wedawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.