Meningkatkan penguasaan auxiliary siswa dalam menulis teks recount siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar menggunakan teknik take and give
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6570279Keywords:
teknik take and give, auxiliary, eks recountAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik Take and Give untuk meningkatkan praktik penguasaan auxiliary siswa dalam menulis teks recount Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan objek penelitian kemampuan siswa menulis teks recount. Data kemampuan menulis teks recount dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur secara klasikal minimal setara dengan KKM=70 dan ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar pada kegiatan prasiklus adalah 60,30. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar sebesar 75,27 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 79%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar mencapai 82,84 dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik take and give dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019.
This classroom action research was conducted at SMA Negeri 5 Denpasar. This study aims to determine the effectiveness of the application of the Take and Give technique to improve the practice of mastering students' auxiliary in writing recount texts for Class X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar in the 2018/2019 academic year. The subjects of this study were students of class X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar in the 2018/2019 academic year. While the object of research is the ability of students to write recount text. Data on the ability to write recount texts were collected using a learning outcome test. The method of data analysis is descriptive qualitative. The success criteria set in this study are the average score of writing procedural texts classically at least equivalent to KKM = 70 and classical learning completeness of at least 85%. The results showed that the average value of learning outcomes in pre-cycle activities was 60.30. In the first cycle, the average value of learning outcomes was 75.27 with classical completeness reaching 79%. While in the second cycle the average value of learning outcomes reached 82.84 with 100% completeness. Thus, it can be concluded that the implementation of the take and give technique can improve the ability to write recount texts for students of class X MIPA 1 SMA Negeri 5 Denpasar in the 2018/2019 academic year.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial di sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92.
Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan deskriptif bahasa jerman siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2), 32-40.
Khodijah, K., & Astuti, M. (2017). Pendekatan komunikatif terhadap keterampilan berbicara siswa pelajaran bahasa inggris di Min 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 144-155.
Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43-50.
Liana, L. (2021). Analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2020/2021. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 16-25.
Muam, A., & Nugraha, C. D. (2021). Pengantar penerjemahan. UGM PRESS.
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057
Putra, A. M., & Setiyadi, B. (2013). Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi bahasa inggris melalui pemanfaatan media karikatur. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 1(1).
Ratnawati, K. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481-495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867
Setiyawan, H., & Yunianta, T. N. H. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar pkn melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give pada siswa sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 162-174.
Simbolon, N. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris siswa SMA Negeri 14 dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).
Sunardi, S. S. (2011). Internet dalam pembelajaran bahasa inggris. Semantik, 1(1).
Widana, I. W. (2020). Kiat jitu menulis soal HOTS bagi guru matematika SMA/SMK. Mahameru Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Putu Suartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.