Penggunaan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6566683Keywords:
Strategi Mind Mapping, Menulis, Teks ProsedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini siswa kelas X MIPA 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini kemampuan menulis teks prosedur. Metode pengumpulan data untuk yakni metode tes. Metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur secara klasikal minimal setara dengan KKM=70 dan ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Data observasi awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes menulis teks prosedur siswa hanya mencapai 58,2 masih jauh dari hasil yang diharapkan. Setelah dilakukan penelitian tindakan, pada siklus I nilai rata-rata kelas kemampuan menulis teks prosedur mencapai 70,07 dengan ketuntasan belajar sebesar 69,44%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas kemampuan menulis teks prosedur mencapai 81,04 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Kesimpulan, penerapan strategi Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X MIPA 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
This study aims to determine the effectiveness of the application of the Mind Mapping strategy in improving the ability to write procedural texts for students of class X MIPA 2 in the 2018/2019 academic year. The subjects of this study were students of class X MIPA 2 for the 2018/2019 academic year, totaling 36 students. The object of this research is the ability to write procedure text. The data collection method for the test method. The method of data analysis is descriptive qualitative. The success criteria set in this study are the average score of writing procedural texts classically at least equivalent to KKM = 70 and classical learning completeness of at least 85%. Preliminary observation data shows that the average score of the students' written procedure text test only reaches 58.2, which is still far from the expected results. After the action research was carried out, in the first cycle the average value of the procedural text writing ability class reached 70.07 with a learning completeness of 69.44%. Furthermore, in the second cycle, the average value of the procedural text writing ability class reached 81.04 with a learning completeness of 100%. In conclusion, the application of the Mind Mapping strategy can improve the ability to write procedural texts for students in class X MIPA 2 for the 2018/2019 academic year.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Barlian, I. (2013). Begitu pentingkah strategi belajar mengajar bagi guru. Forum sosial, 6(01), 241-246).
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2), 21-29.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60.
Lubis, H. Z. (2018). Metode pengembangan bahasa anak pra sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2), 68-77.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057
Ratnawati, K. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481-495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867
Santosa, P. P. P. (2017). Hubungan antara penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis narasi bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Deiksis, 9(02), 182-193.
Siti Saharah, Dian Indihadi. (2019). Penggunaan teknik mind mapping pada keterampilan menulis ringkasan siswa dalam pembelajran bahasa Indonesia. Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12610. diakses pada 12 februari 2019.
Sudarta, I. K. (2022). Meningkatkan prestasi belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan mind mapping. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 599-608. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203651
Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Swadarma, D. (2013). Mind maping dalam kurikulum pembelajaran. Elek Media Komputindo.
Vinny Oktalina Siringoringo dan Azhar Umar. (2017). Penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Tersedia di http://digilib.unimed.ac.id/38821/1/32.%20Fulltext.pdf, Diakses pada 10 Januari 2018.
Wahyuningsih, S. (2021). Pengaruh mind mapping terhadap kemampuan menulis siswa semester II kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun 2020/2021. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 73(1), 148-154.
Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Made Adhiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.