Meningkatkan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5232392Keywords:
Hooke's law and elasticity, cooperative learning, NHTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika materi hukum Hooke dan elastisitas melalui melalui pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Juli 2019 sampai bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 MAN 1 Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 37 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar fisika materi hukum Hooke dan elastisitas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Strategi yang digunakan adalah dengan pembelajaran kooperatif tipel Numbered Heads Together (NHT). Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai KKM 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika materi hukum Hooke dan elastisitas melalui melalui pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 di MAN 1 HST dengan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 81,08 % dengan rata-rata kelas 72,80 pada siklus I, sebesar 100% dengan rata-rata kelas 91,08 pada siklus II.
This study aims to improve student learning outcomes in learning physics material Hooke's law and elasticity through cooperative learning with the model Numbered Heads Together (NHT). This type of research is classroom action research which was carried out from July 2019 to October 2019. The subjects of this research were students of class XI MIPA 2 MAN 1 Hulu Sungai Tengah, amounting to 37 people, while the object of this research was the results of learning physics material on Hooke's law and elasticity. . The method of data collection was done through documentation, observation and learning outcomes tests. The research data analysis method used descriptive qualitative analysis. Learning outcomes data obtained from student learning outcomes tests. The strategy used iscooperative learning Numbered Heads Together (NHT) type. The success criteria set in this study are the KKM score of 70 and classical completeness of at least 85%. The results showed that learning physics material Hooke's law and elasticity through cooperative learning with themodel Numbered Heads Together (NHT)can improve student learning outcomes in class XI MIPA 2 at MAN 1 HST with classical completeness learning outcomes of 81.08% with a class average 72.80 in the first cycle, 100% with a class average of 91.08 in the second cycle.
Downloads
References
Andri, & Purwanti, & Ratih, S. (2019). Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model number heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.407
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2).
Fithri, R. (2014). Buku Perkuliahan: Psikologi Belajar. Prodi Psikologi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya.
Hasnawati, H., Agustini, R., & Koestiari, T. (2017). pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) untuk melatihkan keterampilan berkomunikasi dan meningkatkan hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1). https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p830-837
Hobri. 2009. Model – model pembelajaran inovatif. Jember: Center fo rSociety Studiesm(CSS)
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3). https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688
Lussi, L., Suharsono, & Dani, R. (2020). Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui hypermedia. Seminar Nasional Biologi ….
Olsen, R., & Kagan, S. (1992). About cooperative learning. Cooperative Language Learning: A Teacher’s Resource Book, 1–30.
S, R., & Djafar, S. (2018). Penerapan Teori Belajar Bloom dan Krathwohl dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kesebangunan pada Peserta Didik Kelas IX.A SMP Negeri 1 Duapitue. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.18
Saraswaty, Sarry.2014. Pembelajaran kooperatif model numbered heads together (nht) berbantuan media laboratorium riil dan virtual dilengkapi lembar kerja siswa (lks) pada materi termokimia Kelas XI SMAN 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia.ISSN: 2337-9995. Vol.3(1): 86-94.
Sinar. (2018). Metode Active Learning- Upaya Peningkatan dan Hasil Belajar Siswa. In Yokyakarta: Deepblish.
Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode blended learning melalui aplikasi google classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 38–47.
Sutanto, S. H. (2011). Perkembangan dan peran ilmu fisika dalam pendidikan karakter.
Tryana, A. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Tersedia: Http://Ikbalali. Com/2010/01/03/NHT-_ Numbered Head-Together.(20 Maret 2017).
Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. (2011). Taksonomi Bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK, 1–7.
Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi belajar. DIVA Press.
Wijayanti, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. 2008. Penggunaan model pembelajran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.2(2) : 281-286.
Wiji, A. H. M. (2020). Fisika Dan Hal yang Menyenangkan Tentangnya. Manthiq, 5(1), 45–50.
Yazidi, A. (2014). Memahami model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013 (The understanding of model of teaching in curruculum 2013). jurnal bahasa, sastra dan pembelajarannya, 4(1). https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3792
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Tutik Sujiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.