Upaya meningkatkan hasil belajar kimia menggunakan metode pembelajaran blended learning pada siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5244203Keywords:
Blended learning, learning outcomes, equilibrium in solutionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia dan kemandirian siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu dengan menerapkan metode pembelajaran Blended Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar Kimia pada materi Kesetimbangan dalam Larutan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Data laporan penugasan diperoleh menggunakan turus jumlah penugasan yang masuk. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu ketuntasan secara klasikal minimal 80% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Kimia siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 61% pada siklus I, sebesar 79% pada siklus II, dan 94% pada siklus III.
This study aims to improve the learning outcomes of Chemistry and students' independence in class XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu by applying the Blended Learning learning method. This type of research is class action research (class action research) carried out from February to May 2021. Subject of this research were the student of XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu totaling 34 people, while the object of research is Chemistry learning outcomes on the equilibrium material in solution. Methods of data collection is done by the method of documentation, observation, and tests. The research data analysis method used descriptive qualitative analysis. Assignment report data is obtained using the number of incoming assignments. The data obtained in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. Data on student learning outcomes were obtained using a written test. The success criteria set in this study are classical completeness of at least 80% with a good category. The results showed that learning by using the Blended Learning method could improve chemistry learning outcomes for students of class XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu with complete learning outcomes of 61% in the first cycle, 79% in the second cycle, and 94% in the third cycle.
Downloads
References
Ahmadurifai, A. (2020). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan model learning cycle. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 210-220. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003892
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Dale, H.S. (2012). Learning theories an educational perspective, teori-teori pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Pustaka pelajar.
Dwiyogo, W. (2019). Pembelajaran berbasis blended learning, http://eadm.dindik.jatimprov.go.id/upload/keg_narasumber/blanded_learning. pdf, Agustus, 2019.
Fatria, F.& listari, (2017). Penerapan media pembelajaran google drive dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 138-144.
Hanafi H., Adu, L., & Muzakir, H , (2018), Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Deepublish Publisher.
Husamah, J.M. (2014), Pembelajaran bauran (blended learning): Terampil memadukan keunggulan pembelajaran face-to-face, E-learning offline-online dan mobile learning. Prestasi Pustaka.
Madiya, I. W. . (2020). Pengembangan aplikasi E-UKBM kimia sebagai media pembelajaran interaktif siswa kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 142-158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003785
Pratiwi. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Rachim, F. (2020). Pembelajaran jarak jauh. Direktorat SMA Kemdikbud.
Rahmasati & Rismiati. (2013). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Rostika, D. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 240-251. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004041
SK Kabalitbang 018/h/KR/2020, 2020, Kurikulum Satuan Pendidikan masa Pandemi Covid-19, 57-58.
Sudiya, I. W. (2020). Penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dalam penyetaraan persamaan reaksi redoks. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 69-74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760692
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I.W,, (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based asessments. Internasional Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200, https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378
Yanzi,H, (2017), Dasar-dasar perancangan dan evaluasi pembelajaran PPKn, Media Akademi
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Euis Siti Maemunah -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.