Analisis pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada pelajaran bahasa Inggris di Kalimantan Barat

Authors

  • Dwi Karmila SMPN 1 Pontianak
  • Yanti Sri Rezeki Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5257123

Keywords:

distance learning, online, offline, blended learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analitik terhadap penerapan Pendidikan Jarak Jauh dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan jarak jauh dalam pembelajaran bahasa Inggris di Kalimantan Barat, dengan ketentuan, (1) apa saja kesulitan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh? (2) platform online apa yang menurut guru bahasa Inggris paling cocok untuk diterapkan dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh ini?; dan (3) platform online apa yang menurut guru bahasa Inggris dapat diterapkan dalam Blended Learning?. Metode penelitian deskriptif ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online yang dilakukan dengan menggunakan platform google form untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh dalam pelajaran bahasa Inggris tahun 2020. Hasil kuesioner akan dijabarkan dalam bentuk data grafik tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform WhatsApp paling banyak digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh ini. Kendala yang paling banyak dihadapi guru adalah sinyal internet yang tidak stabil, kurangnya fasilitas, kesulitan keuangan, dan kurangnya kesadaran dan disiplin siswa untuk mengikuti pembelajaran online ini. Media online yang dianggap dapat digunakan untuk blended learning adalah Google Form dan YouTube.

This research is an analytical study of the implementation of Distance Learning in English Language Learning in West Kalimantan. This study aims to analyze the implementation of distance education in English lessons in West Kalimantan, with the provisions, (1) what are the difficulties encountered by English teachers in implementing Distance Learning? (2) what online platform do English teachers think is the most suitable to be applied in the implementation of this Distance Education? and (3) what online platforms do English teachers think that can be applied in Blended Learning? The method of this descriptive research is qualitative. The data collection technique used in this study is an online questionnaire which is carried out using the google form platform to collect data about the implementation of Distance Education in English lessons in 2020. The results of the questionnaire will be described in the form of a data tabulation graph. The results showed that platform WhatsApp was the most widely used in this Distance Learning. The obstacles that most teachers had to deal with were an unstable internet signal, lack of facilities, financial difficulties, and lack of students ‘awareness and discipline to take part in this online learning. Online media that are considered to be used for blended learning are Google Form and YouTube

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astawa, N. L. P. N. S. P., Fredlina, K., Q., & Suminiasih, N., L. (2020). Sosialisasi dan pelatihan model pembelajaran bahasa inggris berbasis proyek dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Journal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 402-405. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3118

Baghdasaryan, G. (2016). Teaching english through online courses. retrieved from academia.edu website: http://www.academia.edu/25029680/Teaching_English_through_Online_Courses

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.

Makarim, N. (2020). Belajar di rumah: Terbaru dari mendikbud pembelajaran tatap muka dimulai 2021 kombinasi pjj dan tatap muka. Retrieved November 8, 2020, from http://www.belajardirumah.org/2020/11/terbaru-dari-mendikbud-pembelajaran.html

Nisa, L., C. (2019). Pengaruh pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar mata kuliah statistics mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Phenomenon Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 7-27. doi : 10.21580/phen.2012.2.1.416

Sharma, S.K. (2012). Distance education in India: Problems or barriers to learning. CPMR-IJT: International Journal of Technology, 2(1), 39-47. Retrieved from http://cpmr.org.in/CPMR-IJT_vol2_issue1.aspx

Stern, J. (2004). Introduction to online teaching learning. Retrieved from Course Hero website: http://www. https://www.coursehero.com/file/18433568/otl/

Sudiran. (2017). Analisis fungsi internet sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding, Surakarta, Indonesia: Universitas Muhammadyah Surakarta. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9604

Tahar, I., Enceng. (2006). Hubungan kemandirian belajara dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101. Retrieved from http://www.academia.edu

Universitas Terbuka. (2020). Online pedagogi dan kiat orang tua mendampingi anak belajar secara PJJ. Retrieved November 7th, 2020, from https://www.ut.ac.id/berita/2020/10/online-pedagogi-dan-kiat-mendampingi-anak-belajar-secara-pjj

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045.

Widyawati, Y. (2019). Manajemen pembelajaran berbasis TIK menggunakan jejaring sosial Edmodo dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi peserta didik smk di kabupaten Bandung. Retrieved from Nusantara Education Review website: http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/82

Published

2021-08-29

How to Cite

Karmila, D., & Sri Rezeki, Y. (2021). Analisis pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada pelajaran bahasa Inggris di Kalimantan Barat. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 373-381. https://doi.org/10.5281/zenodo.5257123

Issue

Section

Articles