Rapat kerja KKG sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru kelas menyusun RPP tematik terpadu
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5244345Keywords:
teacher working group, class teacher ability, integrated thematic lesson planAbstract
Penelitian tindakan, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru kelas di SD Negeri 1 Megati Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan Menyusun RPP Tematik Terpadu melalui Rapat Kerja KKG Sekolah. Subjek penelitian sebanyak 6 orang guru kelas SD di Kecamatan Selemadeg Timur. Penelitian dirancang dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan untuk nilai rata-rata (minimal 76,00) dan ketuntasan (minimal 85,00%). Hasil penelitian: (1) terjadi peningkatan rata-rata kemampuan guru kelas menyusun RPP Tematik Terpadu dengan perolehan pada Pra Siklus sebesar 69,55; pada Siklus I sebesar 79,63; dan pada Siklus II sebesar 85,80; (2) terjadi peningkatan rata-rata ketuntasan aspek RPP Tematik Terpadu dengan pencapaian sebanyak 10 aspek (37,04%) pada Pra Siklus, 21 aspek (77,78%) pada Siklus I, dan 26 aspek (92,59) pada Siklus II. Dari temuan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui Rapat Kerja KKG Sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru kelas menyusun RPP Tematik Terpadu di SD Negeri 1 Megati Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Action research, aims to improve the ability of classroom teachers at SD Negeri 1 Megati, Selemadeg Timur District, Tabanan Regency, to develop an integrated thematic lesson plan through the KKG School Work Meeting. The research subjects were 6 elementary school teachers in Selemadeg Timur District. The research was designed in two cycles and each cycle consisted of four stages, namely: planning, implementation, observation/evaluation and reflection. The indicators for the success of the action were set for the average value (minimum76.00) and completeness (minimum 85.00%). The results of the study: (1) there was an increase in the average ability of class teachers in preparing Integrated Thematic RPP with the acquisition of Pre-Cycle of 69.55; in Cycle I of 79.63; and in Cycle II of 85.80; (2) there was an increase in the average completion of the Integrated Thematic RPP aspects with the achievement of 10 aspects (37.04%) in the Pre-Cycle, 21 aspects (77.78%) in Cycle I, and 26 aspects (92.59) in the Cycle. II. From the findings of the study, it was concluded that through the KKG School Work Meeting, the ability of classroom teachers to develop an integrated thematic lesson plan at SD Negeri 1 Megati, Selemadeg Timur District, Tabanan Regency, Semester 1 of the 2020/2021 Academic Year
Downloads
References
Hanipah, B. (2018). Meningkatkan kompetensi guru kelas dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 melalui pendampingan berbasis KKG di SDN Renggung Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 1-12.
Minto. (2018). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun ulangan harian melalui rapat kerja sekolah di SDN 01 Tempunak dan SDN 16 SP.5 SKPD Pandan. Jurnal Kansasi, 3(1), 1-18.
Muryaningsih, S., Mustad, A. (2015). Pengembangan RPP tematik-integratif untuk meningkatkan karakter kerja keras di sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190-201.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan RPP tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1572—1582. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Satyani, I. A. P. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran inovatif berbasis daring melalui KKG mini dengan tutor teman. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 556-566. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559702
Setyati, E. (2013). Peningkatan kemampuan membuat RPP dan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan tematik melalui pembinaan akademik lewat pemberdayaan KKG bagi guru SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 70–80.
Suadnyana, I.N., Wiyasa, I.K., Ardana, K., Semara Putra, Wulandari, I.G.A. (2017). Pelatihan penyusunan RPP tematik integratif menggunakan pendekatan saintifik bagi guru-guru sekolah dasar gugus VIII Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 63-66. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908
Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Widiastiti, L. P. S., Lasmawan, I. W., Marhaeni, A. A. N. (2015). Studi pengembangan penyusunan RPP tema benda-benda di lingkungan sekitar pada pembelajaran tematik terpadu berorientasi pendekatan saintifik dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5, 1-10.
Wirentanus. (2020). Meningkatkan kompetensi guru kelas dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 melalui pendampingan berbasis KKG di SDN Dondak Kec. Pujut Tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 63-74. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i1.1021
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 I Nyoman Miada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.