Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi

Authors

  • I Gusti Putu Agung Arimbawa SMA Negeri 1 Petang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Keywords:

word wall game quis, learning motivation, learning achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar biologi siswa; 2) meningkatkan prestasi belajar biologi siswa melalui implementasi Word Wall Game Quis berpadukan Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes prestasi belajar. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Petang tahun pelajaran 2020/2021. Rata-rata motivasi belajar Biologi siswa sebesar 80,15 dengan kategori tinggi pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,85 dengan kategori sangat tinggi; 2) terjadi peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Petang tahun pelajaran 2020/2021 melalui implementasi Wordwall Game Quis berpadukan Classroom. Rata-rata prestasi belajar biologi siswa sebesar 21,43 dengan kategori sangat kurang pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,00 dengan kategori sangat baik.

The research was aimed at: 1) improving students’ Biology motivation learning, 2) improving students’ prestation in learning biology passed through implementation of powerpoint aided inquiry method. The research was classroom action research. The subject of this research was students in XI MIPA 1. It consisted of 28 students. The object in the research was learning motivation and biologi learning’s achievement result. The research was done in two cycles, each cycle consisted of four steps: planning, action performance, observation and reflection. Learning motivation data was collected through learning motivation questioneres and student learning achievement result data was collected through learning achievement. The collected data was then analysed descriptively. Research result showed that: 1) there was improvement of students motivation of learning Biology in XI IPA 2 class of SMA N 1 Petang in 2018/2019. Mean score of Biology learning motivation of the students was 80,85 as it was very well level category in the first cycle and it increased in the second cycle into 85,85 with excellent category. 2) There was an improvement of students prestation in learning biology at XI IPA 2 class of SMA N 1 Petang in 2020/2021. Through the implementation Wordwall Game Quis and Classroom Combination method. The mean score of student prestation in learning biology was 21,43 as it was sufficient level category in the first cycle and increased in the second cycle into 84.00 with an excellent level category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S. & Muhammad, T. S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 (2), 78–90.

Anindyajati, Y. R. & Choiri, A. S. (2017). The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 14-23.

Arnesi, N. & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 85-99.

Ayu, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran elektronik (e-learning) berbasis situs web untuk meningkatkan motivasi belajar koperasi siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Pajangan 1 Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi, Fakultas Ekonomi UNY Yogyakarta].

Eka Adnyana, M. (2020). Implementasi model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496-505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979

Fanny, M. P. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi word wall dalam pembelajaran daring (online) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan [Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta].

Handarini, Oktafia, & Wulandari, S. (2020) Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Hapsari, S. A. & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.

Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. . (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738

Mahnun, N. (2018). Implementasi pembelajaran online dan optimalisasi pengelolaan pembelajaran berbasis online di perguruan tinggi islam dalam mewujudkan world class university. IJEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29–36.

Muhadi, F. (2013). Metodologi penelitian. Sanata Dharma.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Puspaardini, Pupung, Nurhayati, Zubaidi, and Hijrah, S. (2019). Media realita dalam mengenalkan kosa kata anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(1), 63–80.

Sartika, R. (2017). Implementing word wall strategy in teaching writing descriptive text for junior high school students. Journal of English and Education, 5(2), 179 – 186.

Sudiya, I. W. (2020). Implementasi metode pelangioli dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kimia kelas XII MIPA SMA. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 506-515. https://doi.org/10.5281/zenodo.4287027

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045.

Published

2021-08-29

How to Cite

Arimbawa, I. G. P. A. . (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Issue

Section

Articles