Representasi nilai-nilai perjuangan dalam puisi selendang frasa: analisis sosiologi sastra
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5232344Keywords:
Representasi nilai perjuangan, relevansi, puisiAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan representasi nilai perjuangan dan (2) mendeskripsikan relevansi dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif artinya data yang diperoleh dianalisis dan diuraikan menggunakan kata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kepustakaan atau dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) dari 5 puisi yang telah dianalisis, ditemukan nilai-nilai perjuangan yakni semangat pantang menyerah, kerja keras, hargai menghargai, dan persatuan, (2) penjabaran pemanfaatan penelitian ini jika dilihat pada panduan Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA, kelas X, XI, dan XII, terdapat pada kelas XI/ semester 1 (satu) dalam kompetensi dasar “Menganalisis teks puisi, baik melalui lisan maupun tulisan” dengan materi pokok “Analisis bahasa teks puisi”. Pada analisis bahasa teks puisi, siswa kelas XI SMA dituntut untuk dapat menganalisis bahasa teks puisi yang meliputi pilihan diksi, struktur, makna, dan nilai atau citra yang merupakan fokus utama dalam penelitian ini.
This study aims to (1) describe the representation of the value of struggle and (2) describe the relevance of learning literature in high school. The research method used is descriptive, meaning that the data obtained are analyzed and described using words. Data collection in this study was carried out by the method of literature or documentation. The results showed that (1) of the 5 poems that had been analyzed, the values of struggle were found, namely the spirit of never giving up, hard work, respect, and unity, (2) the description of the use of this research when viewed in the 2013 Curriculum guide for high school level, class X, XI, and XII, are in class XI / semester 1 (one) in the basic competence "Analyzing poetry texts, both orally and in writing" with the main material "Analysis of poetry text language". In analyzing the language of poetry texts, students of class XI SMA are required to be able to analyze the language of poetry texts which includes the choice of diction, structure, meaning, and value or image which is the main focus in this study.
Downloads
References
Adrawati, dkk. (2021). Nyanyian selendang frasa. CV. Embrio Publisher.
Arifin, Mohammad Zainal dkk. (2020). Nilai-nilai perjuangan tokoh utama dalam novel dunia Samin Karya Soesilo Toer: Tinjauan sosiologi sastra dan implementasinya sebagai materi ajar pembelajaran sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 26-28. http://jom.untidar.ac.id/index.php/repetisi/
Endraswara, S. (2003). Metodologi penelitian sastra. Pustaka Widyatama.
Herimanto & Winarno. (2017). Ilmu sosial dan budaya dasar. PT. Bumi Aksara.
Joyomartono, M. (1990). Jiwa, semangat, dan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia. IKIP Semarang Press.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar keterampilan bersastra. Yrama Widya.
Negara, Hasti Eva. (2019). Analisis nilai-nilai perjuangan pada tokoh utama dalam film Yi Jiu Si Er Karyaxiaogang Feng (Tinjauan Sosiologisastra) [Skripsi, Program Studi Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara Medan]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/26001
Sanusi, A. (2015). Sistem nilai: Alternatif wajah-wajah pendidikan. Nuansa Cendikia.
Sugiono. (2009). Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surastina. (2018). Pengantar teori sastra. Elmatera.
Wahyuningtyas, Sri dkk. (2011). Sastra: Teori dan implementasi. Yuma Pustaka.
Warsiman. (2016). Membumikan pelajaran sastra yang humanis. Universitas Brawijaya Press.
Wicaksono. (2014). Menulis kreatif sastra dan beberapa model pembelajarannya. Garudhawaca.
Wibowo,dkk. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah (konsep, strategi, dan implementasi). Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 I Wayan Agus Wiratama, Ida Ayu Eka Sinta Oktariyanti, Ida Ayu Gede Pramiari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.