Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635Keywords:
learning result, mathematic, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.A semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII. A yang berjumlah 36 orang dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes hasil belajar yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah daya serap siswa mencapai ≥ 75 dengan ketuntasan belajar ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata prestasi hasil belajar matematika siswa rata-rata sebesar 81,94 dengan ketuntasan klasikal 83,30% dan pada siklus II nilai rata-rata prestasi hasil belajar matematika siswa sebesar 86,40 dengan ketuntasan kalsikal 91,70%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII.A semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun ajaran 2018/2019.
This study was to improve the learning result of class VII.A students in first semester of SMP Negeri 3 Denpasar in academic year 2018/2019 through the implementation of the Problem Based Learning learning model. The type of implementation of this research was classroom action research. The subjects in the study were VII grade students. The total was 36 people and the object of this research was the result of students' mathematics learning. The Learning result data were collected by using the learning result test method which was then analyzed descriptively. The indicator of success in this study was ≥ 75 with learning completeness ≥ 85%. The results showed that the first cycle of the average score of students' mathematics learning achievement was 81.94 with 83.30% and in the second cycle of the average value of students' mathematics learning achievement was 86.40 with 91.70%. Based on the results of this study, it has been showed that the implementation of the Problem Based Learning learning model can improve the achievement of mathematics learning result of the VII.A students semester I at SMP Negeri 3 Denpasar in academic year 2018/2019.
Downloads
References
Ahmadi (2011). Strategi pembelajaran sekolah terpadu. PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar peserta didik. Deepublish.
Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159. ISSN 2302-2124
Ibrahim, M. (2012). Pembelajaran berdasarkan masalah. Unesa University Press.
Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Nisa, A. K. (2015). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman desktop kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari [skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/19752/
Novianty, Fety.& Pratiwi (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran value clarification technique pada mata pelajaran kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2). 148-149. https://jounal.dikpora.jogjaprov.go.id
Novitri, Melin, Medriati, Rosane. & Dedy Hamdani (2017). Penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII.8 SMPN 1 kota Bengkulu. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika, 4(2), 144-145. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/5409/2897
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Diva Press.
Rahmat, Ewo. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 145-146. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/12955
Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standard proses pendidikan. Kencana.
Rusmono. (2012). Strategi pembelajaran problem based learning. Ghalia Indonesia.
Rohman, A. (2011). Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan. Aswaja Pressindo.
Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran beroreantasi setandar peroses pendidikan. Kencana.
Setiawan, I M Dedy. Candiasa, I M.& Marhaeni, AAIN. (2014). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dan asesmen projek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 28-37. https://doi.org/10.23887/jpepi.v41.1133
Slameto. (2013). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Reneka Cipta.
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118
Sulaeman, Erwin. & Astriyani, Arlin. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 33-35. https://jounal.umj.ac.id/index.php/fbc
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Kencana.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, https://doi.org/10.21009/JISAE.031.04.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 I Gusti Ayu Putri Sriwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.