Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu kendali dalam upaya meningkatkan prestasi belajar ekonomi

Authors

  • Ni Ketut Nurmini SMAN 1 Tabanan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5244704

Keywords:

cooperative learning, STAD, control cards, learning achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa Kelas XI IPS 1 semester 1 SMA N 1 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti model pembelajaran Students Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan kartu kendali dalam proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran STAD berbantuan kartu kendali. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar, sedangkan kartu kendali untuk memotivasi aktivitas belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dengan rerata prestasi belajar 80 dan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan Kartu Kendali dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Dapat dilihat dari peningkatan nilai rerata kelas pada Pra Siklus 71,1 menjadi 80,5 pada siklus I dan 85,2 pada siklus II. Ketuntasan Belajar Klasikal pada Pra Siklus 41,7%, menjadi 79,2% pada Siklus I dan 83,3% pada Siklus II.

This study aims to determine the increase in student achievement in Class XI IPS 1 semester 1 SMAN 1 Tabanan in the 2019/2020 school year after following the Students Team Achievement Divisions (STAD) learning model assisted by control cards in the learning process of economic subjects. The research subjects were students of Class XI IPS 1 SMA N 1 Tabanan. The object is student achievement. Learning achievement data collected by learning achievement test, Control Card is to motivate student learning activities. The collected data were analyzed by descriptive method. The criteria for success in this research is the improvement of students' economic learning outcomes with an average learning achievement of 80 and classical completeness of 80%. The results of this study indicate that the application of the STAD Cooperative learning model assisted by the Control Card can improve student achievement in class XI IPS 1 SMAN 1 Tabanan for the 2019/2020 school year. It’s seen from the increase in the average value of the class in the Pre-cycle 71.1 to 80.5 in the first cycle and 85.2 in the second cycle. Classical Learning Completeness in Pre-Cycle is 41.7%, to 79.2% in Cycle I and 83.3% in Cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pai pada materi hikmah beriman kepada hari akhir melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIA SD Negeri 3/IX senaung semester I tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Literasiologi, 3(2), 60-68. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.94

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. PT Bumi Angkasa.

Indrawati, F. (2013). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215-223, http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126

Rakhmawati, R. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 116-123. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.12

Suardani, K. (2013). Meningkatkan hasil belajar PKN kompetensi dasar pancasila sebagai ideologi terbuka dengan menerapkan pembelajaran berbantuan kartu kendali. Jurnal IKA, 11(1), 69-82. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1149

Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 176-186. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781885

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118

Suwarsa, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 274-282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004199

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Pendidikan, 2(2), https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tampubolon. (2013). Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Erlangga.

Yuzarion, (2017). Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107-117. http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p107

Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58-73. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73

Published

2021-08-29

How to Cite

Nurmini, N. K. . (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan kartu kendali dalam upaya meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 314-323. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244704

Issue

Section

Articles