Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar

Authors

  • Anak Agung Ngurah Yuliawati SMAN 1 Petang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Keywords:

Teams Games Tournament Learning Model, Learning Motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA1 semester I di SMA Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPA1 semester I di SMA Negeri 1 Petang sebanyak 28 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar sejarah siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Kriteria keberhasilan dapat dicapai ketika skor rata-rata motivasi belajar masuk kategori tinggi dan minimal mencapai 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil simpulan bahwa: penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPA 1 semester I di SMA Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukkan dari rerata pada siklus I sebesar 140,179 dengan ketuntasan klasikal 78,57%. Sedangkan rerata pada siklus II sebesar 163,143 dengan ketuntasan klasikal 100%.

This study aims to determine the increase in the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model to increase motivation to learn history in class XI IPA1 semester I at SMA Negeri 1 Petang in the 2018/2019 academic year. This type of research is classroom action research (CAR) with the research subject being class XI IPA1 semester I at SMA Negeri 1 Petang as many as 28 people. While the object of this research is the students' motivation to learn history after the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) learning model. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis. The criteria for success can be achieved when the average score of learning motivation is in the high category and minimum of reaches 85%. Based on the research that has been done, it can be concluded that: the application of the TGT learning model can increase the motivation to learn history in class XI IPA 1 semester I at SMA Negeri 1 Petang in the 2018/2019 academic year. This is shown from the average in the first cycle of 140.179 with a classical completeness of 78.57%. While the average in the second cycle is 163.143 with 100% classical completeness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, A., Syah, I., & Arif, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah (PESAGI), 5(6). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/13253/pdf_258

Astawa, I., N., T. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 3(2), 197-205. http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200

Hakim, S., A. & Syofyan, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249-263. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966

Hamdu, G & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar IPA di sekolah dasar (studi kasus terhadap siswa kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96. https://www.academia.edu/download/55509754/motivasi1.pdf

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2019). Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia hewan kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 46-55. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31-41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27352

Mulyaningsih, I, E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451. http://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish Publisher

Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93-103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/21

Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish

Suprihatin, S. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. PROMOSI: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 3(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141. http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.4003775

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365 - 375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Pijar MIPA, XI(1), 15-21. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v11i1.3

Wilda, W., Salwah, S., Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal pendidikan Matematika, 2(1), 134-144. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.667

Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif learning. Prosidding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 223-227. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/31/36`

Published

2021-08-29

How to Cite

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356-364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Issue

Section

Articles