Implementasi model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar sprint
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5257265Keywords:
Direct Instruction, aktivitas belajar, lari jarak pendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar sprint melalui penerapan model direct instruction. Penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukawati yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan metode observasi dan tes prestasi. Setelah data yang diperlukan semuanya, maka tindak selanjutnya adalah menganalis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Kriteria keberhasilan nilai rerata minimal 80 dan ketuntasan secara klasikan minimal 85%. Hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rerata 79 dan ketuntasan secara klasikal mencapai 80,55%. Hasil pada siklus II menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rerata 83 dan ketuntasan secara klasikal 100%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pengimplementasian model Direct Instrution dapat meningkat. Disarankan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk mengimplementasikan model ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar hasil belajar teknik dasar lari jarak pendek.
This study aims to improve activities and learning outcomes of basic techniques for sprinting through the application of the direct instruction model. This classroom action research was conducted in 2 cycles, each cycle consisting of the action plan, action implementation, observation / evaluation, and reflection stages. The subjects of the research were 36 students of Class X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukawati. The method used to collect data is the method of observation and achievement tests. After all the required data, the next step is to analyze the data using descriptive statistical analysis. The criteria for success are the average score of at least 80 and classical completeness of at least 85%. The results of the research in the first cycle with an average value of 79 and classical completeness reached 80.55%. The results in the second cycle showed an increase in student learning outcomes with an average value of 83 and classical completeness of 100%. Based on the results of data analysis and the discussion above, it can be concluded that the activities and learning outcomes of implementing the Direct Instrution model can increase. It is recommended for Sports and Health Physical Education teachers to implement this model because it is proven to increase activity and learning outcomes of sprint basic technique learning.
Downloads
References
Arisandi, A. (2014). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak cerebral palsy kelas V-D di SLB YPPLB Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(2), 13–26. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/ article/download/3494/2909
Astar. (2020). Upaya meningkatkan kesegaran jasmani melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal of Classrom Action Research, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.917
Cahyadi, R. (2016). Hubungan antara motivasi belajar siswa dan penampilan guru terhadap hasil belajar siswa. JURNAL E-DuMath, 2(2), 233–245. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/ article/download/187/130
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/download/1700/1465
Diederich, P. B. (1972). Learning to do science. Educational Horizons, 51(2), 80–85. https://www.jstor.org/stable/42925712
Erfan, M. (2017). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 170–178. pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/download/657/340
Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/ FKIP/article/download/191/170.
Isnaini, muhammad, & Hartati, S. C. Y. (2014). Survei interaksi edukatif guru dengan siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMP dan MTS se-Kecamatan Balongpanggang Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 675–679. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/download/10008/9802
Kabul, L. (2013). Peningkatan keterampilan gerak dasar melalui modifikasi per-mainan sirkuit. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recrea-Tion, 2(11), 696–703. https://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/peshr/article/download/2466/2264
Kadir, M. A., Darwis, A., & Islam, M. F. (2017). Penerapan pendekatan permainan hijau-hitam untuk meningkatkan hasil belajar lari cepat (sprint) siswa kelas V SD 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. In Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1), 635–641. 103.76.50.195/semnaslemlit/article/viewFile/4113/2476
Muharram, N. A. (2015). Pengaruh pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap peningkatan kemampuan sprint 100 meter. Jurnal Sportif, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.572
Napitupulu, D. S. (2019). Proses pembelajaran melalui interaksi edukatif dalam pendidikan Islam. Tazkiya, 8(1), 125–138. http://jurnaltarbiyah. uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/458
Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83–90. jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/download/158/136
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Podung, B. J. (2015). Strategi pembelajaran teknik lompat jangkit melalui metode ber-main di sekolah dasar. JINOTEP: Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(1), 229–239. journal2.um.ac.id/index.php/ jinotep/article/download/2168/3808
Saputro, O. H., Wahjoedi;, & Darmayasa, I. P. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(2), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/download/13073/ 8259
Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.
Suyono, A. (2018). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 6(1), 1–10. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/download/1858/1152
Tauhid, I., Aufan, R., & Siregar, S. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Inspiree Review, 1(3), 105–115. https://media.neliti.com/media/publications/331741-upaya- meningkatkan-hasil-belajar-lari-sp-4eec0a56.pdf
Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan dasar mengajar di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1(1), 199–210. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/ article/download/2770/2267
Winarto, B. (2018). Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning da-lam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(9), 1008–1018. www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/412/199
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Wayan Santra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.