Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis "CINTA" melalui SFH untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi

Authors

  • I Gede Eka Mahendra SMAN 1 Kuta

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537

Keywords:

CINTA, SFH, learning motivation, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 3 tahun pelajaran 2020/2021 melalui pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “CINTA” (Creativity, Integrity, Actual) melalui SFH (Study From Home). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 berjumlah 36 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif. Metode pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis secara diskriptif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini apabila rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa sebesar 80. Strategi yang digunakan adalah dengan melakukan Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “CINTA” (Creativity, Integrity, Actual) melalui SFH (Study From Home). Hasil penelitian pada siklus I rata–rata motivasi belajar siswa sebesar 66,72 (kategori sedang) meningkat menjadi 89,06 (kategori sangat tinggi) pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I 69,72 (kategori cukup) meningkat menjadi 90,28 (kategori sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “CINTA” (Creativity, Integrity, Actual) melalui SFH (Study From Home) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa.

This study aims to describe the increase in motivation and learning outcomes of biology students in class X IPA 3 for the 2020/2021 academic year through the creation of interactive learning videos based on "CINTA" (Creativity, Integrity, Actual) students through SFH (Study From Home). The subjects of this study were 36 students of class X IPA 3, while the objects in this study were students learning motivation and learning outcomes in the cognitive domain of biology. The method of collecting learning motivation data is using a questionnaire, while learning outcomes data are collected using a learning outcome test. The data that has been collected is then analyzed descriptively. The success criteria set in this study are the average motivation and student learning outcomes of 80. The strategy used is to make interactive learning videos based on "CINTA" (Creativity, Integrity, Actual) students through SFH (Study From Home). The results of the study in the first cycle the average student learning motivation was 66.72 (medium category) increased to 89.06 (very high category) in the second cycle and the average cognitive domain student learning achievement in the first cycle was 69.72 (enough category) increased to 90.28 (category). very good) in cycle II. Based on this, it can be concluded that making interactive learning videos based on "CINTA" (Creativity, Integrity, Actual) students through SFH (Study From Home) can increase students' motivation and learning outcomes in biology.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, O. (2020). Penerapan LMS-Google Classroom dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46. https://doi.org/10.46880/methoda.Vol10No1.pp38-46wisacita

Amalia, J. R. (2015). Penggunaan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Hygiene sanitasi dan keselamatan kerja pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Https://Lib.Unnes.Ac.Id/28125/1/5401410086.Pdf.

Arafah, Z. U. (2018). Pengembangan media pembelajaran video interaktif berbasis poblem solving guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi gerak parabola. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/58868/1/12.%20SKRIPSI.Pdf.

Fitriana, E., Utaya S., & Budijanto. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 662—667. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6212

Hanim, F., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 752–757. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6246/ 2669

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M.E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Kusumah, W. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas /wijaya kusumah ; Dedi Dwitagama.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prajoko, S., Sudarisman, S., & Sutarno, S., (2017). Pembelajaran invertebrata model pbm dengan menggunakan multimedia film dokumenter dan multimedia animasi ditinjau dari gaya belajar dan kreativitas (studi kasus pembelajaran porifera, cnidaria dan platyhelminthes kelas X tahun akademik 2011-2012 di SMA). 9(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1082

Redjeki, D. P. S., & Heridiansyah, J., (2013). Memahami sebuah konsep integritas. Jurnal STIE Semarang, 5(3), 1-14. http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/74

Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/167/82

Sofiyullah, N. (2016). Pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis materi dan soal sebagai suplemen untuk meningkatkan penguasaan onsep mata pelajaran IPA. Universitas Negeri Semarang.

Setyorini, I. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning: Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada Kurikulum 13?. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 95-102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on language teaching and learning: A research on indonesian pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585–589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.111

Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612.

Wisacita, M. (2020). Tantangan dan peluang proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Polanharjo Klaten dalam masa dan pasca pandemic covid-19. Proceeding Seminar Nasional Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang Tahun 2020. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/588/506

Yunarti,Y. (2014). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Jurnal Tarbawiyah, 1(1), 262-278. https://www.repository.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/374/189

Published

2021-08-29

How to Cite

Mahendra, I. G. E. . (2021). Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis "CINTA" melalui SFH untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 290-301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537

Issue

Section

Articles