Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis

Authors

  • I Made Yoga Parwata Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Keywords:

problem based learning, pendidikan, jasmani olahraga dan kesehatan

Abstract

Educational research using the problem-based learning method to improve learning outcomes for physical education, sports and health has been widely implemented in the world of education and at every level of education, showing positive results. This study aims to determine the effect of the problem based learning model on improving learning outcomes in sports and health physical education. This study uses a meta-analysis method by tracing articles published in the time span from 2015 to 2020, experimental research research design One Group pre-test and post-test design. To determine the merging model with the heterogeneity test, if the p value> 0.05 or the percentage value of I2 is small, the combination model uses the random effect model and with a fixed effect the p value <0.05 or the percentage value of I2 is large. The sample of the meta-analysis research consisted of three articles. Data were analyzed using statistical software JASP version 12.0. The results of a meta-analysis study of the problem-besed learning method on the improvement of learning outcomes in sports and health physical education. Using the fixed effect model, the results of the combined effect of variance between homogeneous studies were p = 0.773> 0.05 and a significant level of p = 0.001 <0.05. and the combined effect size value is 1.92, the effect category is very high and the value of p = 0.001 <0.05. This proves that the problem-based learning method on the improvement of learning outcomes in physical education, sports and health has a very high and significant effect.

Penelitian pendidikan dengan menggunakan metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sudah banyak dilaksanakan pada dunia pendidikan dan pada setiap jenjang pendidikan, menunjukan hasil yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan penelusuran artikel yang dipublikasikan dalam rentang waktu dari tahun 2015 sampai dengan 2020, penelitian eksperimen rancangan penelitian One Group pre-test and post-test design. Untuk menentukan model penggabungan dengan uji heterogenitas, bila nilai p>0,05 atau nilai persentase I2 kecil maka model penggabungan menggunakan random effect model dan dengan fixed effect nilai p<0,05 atau nilai persentase I2 besar. Sampel penelitian meta–analisis sebanyak tiga buah artikel. Data dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak statistik JASP versi 0.11. Hasil studi meta- analisis metode problem besed learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan model fixed effect, hasil dari efek gabungan varian antara penelitian homogen nilai p = 0,773>0,05 dan nilai taraf signifikan p= 0,001 <0,05. Dan nilai effect size gabungan sebesar 1,92 katagori efek sangat tinggi dan nilai p = 0,001<0,05. Ini membuktikan bahwa metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat memberi pengaruh yang sangat tinggi dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan model pembelajaran PBL media audio visual terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN Baturangung. Dapat diakses pada: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2). pp. 153-159. ISSN 2302-2124.

Goss-Samspson, M. A. (2019). Statistik Analisis in JASP: A guide for students (2nd ed.). University of Greenwich. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.9980744

Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). Pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan passing dalam permainan futsal. Juara: Jurnal Olahraga, 3(1), 1–7.

Harapit, S. (2018). Peranan problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4).

Iswanto, A. B., & Indriarsa, N. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dribble sepak bola. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 3(2), 308–312.

Jojo, I. (2019). Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar lompat jauh siswa SMPK Immanuel 2 [Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Tanjung Pura].

Kusuma, W., Wahjoedi, & Wijaya, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar bola voli. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 41-50.

Nindrea, R. D. (2016). Pengantar langkah-langkah praktis studi meta analisis. Gosyen Publishing.

Pratiwi, Wahjoedi, & Satyawan. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 112-120.

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektifitas penggunaan model problem based learning (PBL) dan Inkuiri SMPN 1 Kasian. JURING (Journal Pendidikan Khusus, 1(2), 78-90.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani. CV Alfabeta.

Renawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar analisis meta. Parama Publishing.

Rohmansyah, N. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmani pada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Jurnal Penjakora, 4(2), 28–35.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118, doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012118.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Sukarini. (2020). Meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) materi permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika Berbasis Vokasional Untuk Siswa Kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.

Surata, Sudiana, & Sudirgayasa. (2020). Meta-analisis media pembelajartan pada pembelajaran biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27.

Utami, S., & Astawan. (2020). Meta-analisis pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. JP2, 3(3), 416–427.

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220, DOI: 10.29408/jel.v7i1.3031.

Widodo, S., Katminingsih, Y., & Nirwono, B. (2021). Meta analis: Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif. Indonesia Journal of Educational Development, 1(4), 567–577.

Published

2021-05-27

How to Cite

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Issue

Section

Articles