Perubahan model kebijakan pelayanan kepala sekolah di SMA Negeri 20 Medan di era COVID-19

Authors

  • Boynes Manurung Universitas Darma Agung
  • Nurainun Sibuea SMAN 20 Medan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4781837

Keywords:

kebijakan, pelayanan, covid-19, kepala sekolah

Abstract

The principal is someone who is at the forefront of efforts to educate the nation. The principal is the spearhead in the success or failure of an educational unit that he leads. Making the right policies and coordinating well with all schools, the learning and teaching process in the midst of the Covid-19 outbreak will run smoothly. With the existence of the right policy by the Principal, it is able to transmit the spirit of change to teachers, students and parents quickly and accurately. This research belongs to the type of descriptive research with a qualitative approach. The research objective is aimed at describing the change in principal services in the new normal era for SMA Negeri 20 Medan students. Data about the principal's service policies were collected using interviews and observations. The research subjects were the principal, vice principal, homeroom teacher, and students of SMA Negeri 20 Medan. The method of analysis in this article uses an effectual causal analysis model using a rational approach that is structured based on the results of a literature review related to the discussion in this article which is sourced from media news, laws and regulations, journals and books. The results showed that there were 5 types of changes in the principal's policies in the new normal era as follows: (1) the principal's policy to teachers to teach from home and students to learn from home, (2) the principal's policy to parents so that parents participate in online learning process, (3) principal service policies through homeroom teachers to students who do not have complete technological facilities, (4) principal service policies through school treasurers in payment of school committees and others, (5) principal service policies in the implementation of the exam.

Kepala Sekolah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin. Pengambilan Kebijakan yang tepat dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak sekolah, maka proses pembelajaran dan pengajaran di tengah wabah Covid-19 akan berjalan lancar. Dengan adanya Kebijakan yang tepat oleh Kepala Sekolah mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa dan orangtua secara cepat, dan akurat. Penelitian ini tergolong pada tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian adalah bertujuan untuk mendeskrisikan perubahan pelayanan kepala sekolah di era new normal kepada siswa SMA Negeri 20 Medan. Data tentang kebijakan pelayanan kepala sekolah dikumpulkan menggunakan wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru, dan siswa SMA Negeri 20 Medan. Metode analisis dalam artikel ini menggunakan model analisis kausal efektual menggunakan pendekatan rasional yang dirangkai berdasarkan hasil kajian pustaka (literature review) terkait pembahasan pembahasan dalam artikel ini yang bersumber dari berita media, peraturan perundang-undangan, jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 jenis perubahan kebijakan kepala sekolah pada era new normal sebagai berikut: (1) kebijakan kepala sekolah kepada guru untuk mengajar dari rumah dan siswa untuk belajar dari rumah, (2) kebijakan kepala sekolah kepada orangtua agar orangtua ikut serta dalam proses pembelajaran daring, (3) kebijakan pelayanan kepala sekolah melalui wali kelas kepada siswa yang belum memiliki fasilitas teknologi yang lengkap, (4) kebijakan pelayanan kepala sekolah melalui bendahara sekolah dalam pembayaran komite sekolah dan lain lain, (5) kebijakan pelayanan kepala sekolah dalam pelaksanaan ujian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B.M., & Avolio, B.J. (1990). Develoving tranformational leadership; And Beyond. Free Press.

Fattah, N. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan Berbasis Aktivitas Pembelajaran. Rosda Karya.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760430

Hardiansyah. (2011). Kualitas pelayanan publik. Gava Media.

Mulyasa. (2013). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan: Teori dan praktik. PT. Indeks.

Purwanto, E. A. (2019). Kebijakan publik yang agile dan inovatif dalam memenangkan persaingan di era VUCA (volatile, uncertain, complex, and ambiguous), [Pidato Pengukuhan Guru Besar, UNY].

Rivai, V. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi. Rajagrafindo Persada.

Sucipto. (2012). Rahasia sukses kepala sekolah. LaksBang PRESSindo.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Tingkat, I. N. (2020). Optimalisasi pengembangan diri untuk mendongkrak prestasi (vokasional) sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu. PT Bumi Aksara.

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045, doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012045.

Published

2021-05-27

How to Cite

Manurung, B., & Sibuea, N. . (2021). Perubahan model kebijakan pelayanan kepala sekolah di SMA Negeri 20 Medan di era COVID-19. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 10-18. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781837

Issue

Section

Articles