Pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika

Authors

  • Fajariah Masyah Indah Sinurat SMKN 1 Cikarang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4781872

Keywords:

kondisi keluarga, kedisiplinan siswa, prestasi belajar matematika

Abstract

The objectives of this study were to determine: 1) the effect of family conditions and student discipline on mathematics learning achievement, 2) the effect of family conditions on mathematics learning achievement, 3) the effect of student discipline on mathematics learning achievement. The research method used is a survey method. A sample of 52 students was randomly selected from a population of 60 students who came from two schools, namely: SMKN 1 Cikarang Utara and SMKN 1 Cikarang Selatan located in the Cikarang area of ​​Bekasi district. Data collection was carried out by distributing research instruments. Data analysis using descriptive statistical methods, product moment correlation coefficient. Statistical test using the normality test and homogeneity test. The results showed: 1) there is a positive and significant influence on family conditions and student discipline on mathematics learning achievement as indicated by the value of the multiple correlation coefficient = 0.673, 2) there is a positive and significant effect of family conditions on mathematics learning achievement and indicated by the Sig value. 0.003 <0.05 and > with a value of 3.134 > 1.676, 3) there is a positive and significant effect of student discipline on mathematics learning achievement, this is indicated by the Sig. 0.00 < 0.05 and > with a value of 6.087 > 1.67.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh kondisi keluarga terhadap prestasi belajar matematika, 3) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berukuran 52 siswa yang dipilih secara random dari populasi 60 siswa yang berasal dari dua sekolah, yaitu: SMKN 1 Cikarang Utara dan SMKN 1 Cikarang Selatan terdapat di wilayah Cikarang kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penyebaran instrumen penelitian. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi product moment. Uji Statistik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda = 0,673, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kondisi keluarga terhadap prestasi belajar matematika dan ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan > dengan nilai 3,134 > 1,676, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,00 < 0,05 dan > dengan nilai 6,087 > 1,67.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman & Mulyono. (2012). Anak berkesulitan belajar. Rineka Cipta.

Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya.

Gredler, E. (2011). Learning and instruction: Teori dan aplikasi. Kencana Prenada Media.

Hamalik. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. PT. Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan prinsip pendidikan. Pustaka Mandiri.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Nuha Medika.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik. PT. Bumi Aksara.

Schunk, Dale. H. (2012). Learning theories: An educational perspectives, 6th Edition. Pearson Education Inc.

Shochib. (2010). Pola asuh orangtua (dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri). Rineka Cipta.

Simanjuntak. (2013). Harmonious family: Upaya membangun keluarga harmonis. Pustaka Obor Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.

Sugiyono. (2013) . Cara mudah menyusun: skripsi, tesis, dan disertasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Suparno, P. (2011). Pengantar Statistika: Untuk Pendidikan Dan Psikologi. Universitas Sanata Dharma.

U.S., Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Change Publication.

Zarman, Wendi. (2011). Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah Itu Mudah & Lebih Efektif. Ruang Kata.

Published

2021-05-27

How to Cite

Sinurat, F. M. I. . (2021). Pengaruh kondisi keluarga dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 130-137. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781872

Issue

Section

Articles