Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878Keywords:
project based learning, keterampilan berbahasa Indonesia, aktivitasAbstract
This study applies a project-based learning model as an effort to improve students' Indonesian language skills in the observation report material. This classroom action research took place in two cycles. The research was conducted at SMA Negeri 1 Kabanjahe from September 2019 to November 2019. The research subjects were all students of class X MIPA-2 SMA Negeri 1 Kabanjahe in the 2019/2020 academic year, totaling 32 students. The object of research is Indonesian language skills. The results showed: 1) the students' Indonesian language skills on the material of the observation report increased in the first cycle, showing an average of 69, with classical learning completeness of 46.88% and in the second cycle showed an average of 89 with classical completeness of 90.63 % or an increase of 44%; 2) student learning activities increased in the first cycle including reading and writing 37%, working on worksheets 32%, asking fellow friends 21%, asking questions to the teacher 5%, and 5% irrelevant to teaching and learning activities. Meanwhile, according to observations in Cycle II, among others, reading and writing 32%, doing worksheets 35%, asking fellow friends 21%, asking questions to the teacher 9%, and 3% irrelevant to teaching and learning activities. Thus the application of the project-based learning model can improve Indonesian language skills and student learning activities in two cycles.
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa pada materi laporan hasil observasi. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe bulan September 2019 sampai dengan bulan November 2019. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Kabanjahe tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterampilan berbahasa Indonesia siswa pada materi laporan hasil observasi meningkat pada siklus I menunjukkan rata-rata 69, dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,88% dan pada siklus II menunjukkan rata-rata 89 dengan ketuntasan klasikal 90,63% atau terjadi peningkatan 44%; 2) aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I antara lain membaca dan menulis 37%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 21%, bertanya kepada guru 5%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 5%. Sedangkan menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca dan menulis 32%, mengerjakan LKS 35%, bertanya sesama teman 21%, bertanya kepada guru 9%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 3%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia dan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129. ISSN 2302-2124.
Dian Puspita Ningrum. (2012). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran tipe cooperative integrated reading composition (CIRC) pada kelas V SDN 1 Jabung Gantiwarno Klaten tahun ajaran 2011/2012 [Skripsi, FKIP UMS Surakarta].
Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159. ISSN 2302-2124.
Kosasih, E. (2013). Cerdas berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X. Erlangga.
Nurbaya, S. (2011). Bahasa Indonesia: Panduan menulis karya ilmiah. Kanwa Publisher.
Ratnawati, K. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481-495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.
Tarigan, J. (2012). Penerapan model pembelajaran keterampilan proses untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe. Jurnal Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Kelas, 4(2), 55-60.
Tim Penyusun. (2018). Bahasa Indonesia edisi revisi 2018 kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Pustaka Belajar.
Wena, M. (2010). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.
Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220, DOI: 10.29408/jel.v7i1.3031.
Widodo, S., Katminingsih, Y. ., & Nirwono, B. . (2021). Meta analisis: pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 567-577. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559716.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Saksi Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.