Meta analisis: pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif

Authors

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yuni Katminingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Nirwono SMPN 1 Ngantru

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4559716

Keywords:

meta analisis, kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran open-ended, model pembelajaran CPS

Abstract

There are many studies to improve students' creative thinking skills through problem-based learning models, but no one has analyzed the results of the research that has been done. This study aims to determine the effect of problem-based learning models on students' creative thinking abilities. This study uses a meta-analysis method with a sample size of 14 journal articles. The results of the meta-analysis research show that the effect of the problem-based learning model on the ability to think creatively has ES (Effect Size) with high criteria and if you look for the average of all learning models, the average value of ES=1,26 (high effect).

Banyak penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran berdasarkan masalah, tetapi belum ada yang menganalisis hasil penelitian yang sudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan jumlah sampel 14 artikel jurnal. Hasil penelitian meta analisis menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif memiliki ES (Effect Size) dengan kriteria tinggi dan bila dicari rata–rata dari semua model pembelajaran, nilai rata-rata ES=1,26 (efek tinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S., Kodirun, & Busnawir. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 117–128.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing : a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711.

Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran open-ended pada siswa SMP. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 78–86.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2013). Research methods in education. Routledge.

Darta, I. K. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Marga. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 229-239. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003999.

Fitriyantoro, A., & Prasetyo, A. P. B. (2016). Kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran creative problem solving berpendekatan scientific. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 98–105.

Glass, G. V, Smith, M. L., & McGaw, B. (1981). Meta-analysis in social research. Sage Publications, Incorporated.

Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2015). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau menurut gender siswa SD Negeri Tarokan Kediri Yuni. Math Educator Nusantara, 1(1), 77–89. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/1132/

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Nurfitriani, N., Fahinu, F., & Mukhsar, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP ditinjau dari self efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 142–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5863586

Retnawati, H., & Apino, E. (2018). Pengantar analisis meta. Parama Publishing.

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 8(2), 182–190.

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 240–256. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh pendekatan open ended dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220, DOI: 10.29408/jel.v7i1.3031.

Widodo, S. (2010). Model pembelajaran open ended untuk menunjang kreattvttas dan berpikir kreatif siswa. Cakrawala Pendidikan, 12(2), 208–224.

Widodo, S. (2017). Menghasilkan lulusan kreatif melalui pembelajaran berbasis masalah kontekstual. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 03(02), 59–72.

Yuliastuti, N. P., Sukajaya, I. N., & Mertasari, N. M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media berbasis TIK terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 78–86. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2855

Published

2021-02-28

How to Cite

Widodo, S., Katminingsih, . Y. ., & Nirwono, B. (2021). Meta analisis: pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(4), 567-577. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559716