MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III A SD NEGERI TULANGAMPIANG
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7676176Keywords:
jigsaw, prestasi belajar, bahasa IndonesiaAbstract
Kelemahan-kelemahan pelaksanaan proses pembelajaran harus diupayakan lewat melakukan sebuah penelitian tindakan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan di kelas III A di SD Negeri Tulangampiang pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SD Negeri Tulangampiang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Indonesia. Data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan: nilai rata-rata kelas minimal 75 dan ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Data awalnya baru mencapai nilai 68,12 dengan ketuntasan belajar 45%, pada siklus I naik menjadi 79,36 dengan ketuntasan belajar 76%, dan pada siklus II naik menjadi 88,21 dengan ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 97%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Negeri Tulangampiang Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.
Weaknesses in the implementation of the learning process must be pursued through conducting an action research. This prompted researchers to conduct classroom action research. Research conducted in class III A at Tulangampiang Public Elementary School in semester I of the 2019/2020 academic year aims to improve the learning process as well as to increase student achievement. The research subjects were students of class III A of SD Negeri Tulangampiang Semester I of the 2019/2020 Academic Year. While the object of research is the achievement of learning Indonesian. Learning achievement data were collected through learning achievement tests and then analyzed using descriptive analysis. Criteria for success: a minimum grade point average of 75 and a minimum of 85% classical completeness. The initial data only reached a score of 68.12 with 45% mastery learning, in cycle I it rose to 79.36 with 76% mastery, and in cycle II it rose to 88.21 with 97% of their learning mastery. Data in cycle II shows that the expected success has been achieved and has even exceeded the success indicators of the proposed research study. Thus the researchers concluded that the jigsaw type cooperative learning model that was applied in the learning process was able to improve the learning achievement of Indonesian language students in class III A of SD Negeri Tulangampiang Semester I of the 2019/2020 Academic Year.
Downloads
References
Astawayasa, K. G., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengembangan asesmen HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Darmita, I. P. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Sawan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 95-103.
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).
Habibi, M. R. (2020). Meningkatkan keterampilan proses sains pada pelajaran tema 5 melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas IV SDN 1 Sembalun Bumbung Lombok Utara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Hidayatullah, P. A., Widana, I. W., Adnyana, I. K. S. (2022). Pengembangan media JESSTAR sebagai media pembelajaran tematik tema 9 kelas VI SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10(1), 72-87. https://doi.org/10.22219/jp2sd. v10i1.20476
Kartini, K. (2020). penggunaan metode driel untuk meningkatkan minat belajar bahasa indonesia siswa kelas III SD N 024 Paya Rumbai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 319-328.
Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia untuk sd.
Lauren, C., & Puspasari, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian kelas XI OTKP di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 36-46.
Lokawati, N. N. (2020). model pembelajaran cooperative script dengan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas Ix F Semester II SMP Negeri 1 Tampaksiring tahun pelajaran 2018/2019. Widyadari, 27(27), 1-15.
Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064
Restu Trinadi Asih, N. P., Fitriani Asni, M., & Widana, I. W. (2022). Profil guru di era society 5.0. Widyadari, 23(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6390955
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Gatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.