Penerapan metode latihan awalan sembilan langkah untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok atletik
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5256615Keywords:
Nine-step prefix training method, Long jump squat ability, AthleticsAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas XI MIPA-3 semester ganjil tahun ajaran 2019-2020 yang kemampuan peserta didiknya untuk materi pembelajaran penjasolkes sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan kemampuan dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dalam cabang atletik pada mata pelajaran PJOK setelah diterapkan penerapan metode latihan awalan sembilan langkah menggunakan teori-teori yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran biologi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA-3, sedangkan objek penelitian adalah kemampuan dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dalam cabang atletik pada mata pelajaran PJOK. Metode pengumpulan datanya adalah tes kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Kriteria keberhasilan ditetapkan sesuai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 67. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan awalan sembilan langkah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada awalnya mencapai nilai rata-rata 63, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 76. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan awalan Sembilan langkah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dalam cabang atletik pada peserta didik kelas XI MIPA-3 SMA Negeri I Abiansemal.
This classroom action research was carried out on students of class XI MIPA-3 in the odd semester of the 2019-2020 academic year whose students' abilities for learning material for physical education and health education were very low. The purpose of writing this classroom action research is to find out how high the improvement in ability and learning outcomes of the squat style long jump in athletics in PJOK subjects is after the application of the nine-step prefix training method using existing theories in the implementation of biology learning. The research subjects were students of class XI MIPA-3, while the object of research was the ability and learning outcomes of the squat style long jump in athletics in PJOK subjects. The data collection method is a test of students' abilities and learning outcomes. The data analysis method is descriptive both for qualitative data and for quantitative data. The criteria for success are determined according to the KKM value that is set, namely 67. The results of this study indicate that the application of the nine-step prefix training method can improve students' abilities and learning outcomes. This is evident from the learning outcomes obtained by students initially reaching an average value of 63, in the first cycle it reached an average value of 69 and in the second cycle it reached an average value of 76. Nine steps can improve the ability and learning outcomes of long jump squat style in athletics for students in class XI MIPA-3 SMA Negeri I Abiansemal.
Downloads
References
Bangun, S.Y. (2016). Peran pendidikan jasmani dan olahraga pada lembaga pendidikan di indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan 6(1). 156-167 http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar kelas bawah. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar), 4(2), 124-142. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2221
Martam, A. A. K. (2012). Pengaruh latihan pola langkah terhadap ketepatan awalan papan tumpuan pada hasil lompat jauh dalam cabang olahraga atletik pada mahasiswa penjaskes II C. Skripsi. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831408015/pengaruh-latihan-pola-langkah-terhadap-ketepatan-awalan-papan-tumpuan-pada-hasil-lompat-jauh-dalam-cabang-olahraga-atletik-pada-mahasiswa-penjaskes-ii-c.html
Meiyuzar, M. (2014). Penerapan metode bola gantung untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV di SD Negeri 10 Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9156
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Popodu, R. (2012). Pengaruh latihan ketepatan dalam mengambil awalan terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada Siswa SMP Negeri 3 Gorontalo Kelas VIII. Skripsi. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831408152/pengaruh-latihan-ketepatan-dalam-mengambil-awalan-terhadap-kemampuan-lompat-jauh-gaya-jongkok-pada-siswa-smp-negeri-3-gorontalo-kelas-viii.html#
Pramono, H. (2012). Pengaruh sistem pembinaan, sarana prasarana dan pendidikan latihan terhadap kompetensi kinerja guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(1), 7-16. https://doi.org/10.15294/jpp.v29i1.5640
Saputra, I. (2015). Modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(2), 35–41. https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6112
Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode blended learning melalui aplikasi google classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 38-47. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781849
Syarif, A. (2019). Minat masyarakat berolahraga rekreasi di kegiatan car free day di Kota Palangka Raya. Jurnal MERETAS 6(2). 60-70. http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/154
Usman, K., Aditya, R., & Helmi, B. Pengembangan peralatan modifikasi atletik pada pembelajaran PJOK tingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 17-23. https://doi.org/10.2234/jsbg.v7i1.162
Yaqin, A., & Hartati, S. C.Y. (2013). Pengaruh awalan lari 10 M dan 20 M terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok (Studi pada siswa kelas V SDN Sidomulyo II Krian, Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 1(2), 400-405. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2918
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 I Nyoman Bawa Sunara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.