Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Depan Umum dengan Model Project-Based Learning
Keywords:
deep learning, mindful learning, meaningful learning, joyful learning, keterampilan berbicara, Project-Based LearningAbstract
Makalah ini membahas implementasi pendekatan deep learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara di depan umum melalui model Project-Based Learning (PjBL). Deep learning yang meliputi mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning diyakini mampu mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif, reflektif, dan bermakna. Model PjBL memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan kolaboratif, memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi lisan secara otentik. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah kajian literatur dan analisis teoretis, yang menghasilkan temuan bahwa integrasi deep learning dengan PjBL dapat meningkatkan kepercayaan diri, daya nalar, dan motivasi intrinsik mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Faktor pendukung antara lain peran dosen sebagai fasilitator dan lingkungan belajar yang mendukung, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, sarana, dan kesiapan peserta didik. Makalah ini merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran yang kreatif, reflektif, dan berorientasi pada pengembangan soft skills mahasiswa secara berkelanjutan.