Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sastra Kontemporer dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra Siswa SMP
Keywords:
media pembelajaran, sastra kontemporer, apresiasi sastra, siswa SMPAbstract
Apresiasi sastra merupakan salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra. Penelitian ini mengeksplorasi potensi karya sastra kontemporer dalam meningkatkan kemampuan apresiasi sastra siswa SMP. Penurunan minat baca dan rendahnya apresiasi terhadap karya sastra di kalangan siswa SMP menjadi tantangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis sastra kontemporer yang menarik dan relevan dengan dunia remaja, guna meningkatkan kemampuan apresiasi sastra siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall, yang mencakup tahap studi pendahuluan, perancangan media, uji coba terbatas, revisi, hingga uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP swasta di Denpasar. Media yang dikembangkan berupa modul interaktif yang memuat cerpen dan puisi kontemporer, dilengkapi dengan aktivitas apresiasi sastra seperti diskusi, refleksi, dan proyek kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan minat baca dan kemampuan siswa dalam memahami, menafsirkan, serta mengapresiasi karya sastra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis sastra kontemporer dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan apresiasi sastra di kalangan siswa SMP.