PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Ni Luh Candra Dewi

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Keterampilan Menulis Kreatif, Sekolah Menengah Atas, Pengembangan Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Bahasa berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Keterampilan menulis kreatif merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa yang memungkinkan siswa untuk mengekspresikan ide, gagasan, dan emosi mereka secara orisinal dan inovatif. Namun, pembelajaran menulis kreatif seringkali dianggap membosankan dan kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan inovasi dalam media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan siswa dan analisis kurikulum untuk menentukan materi dan konten yang relevan. Tahap desain meliputi perancangan struktur media pembelajaran, pembuatan storyboard, dan penentuan fitur-fitur interaktif. Tahap pengembangan melibatkan pembuatan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan perangkat lunak authoring tools. Media yang dikembangkan mencakup teks, gambar, audio, video, animasi, dan elemen interaktif seperti kuis, latihan, dan umpan balik. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba pada siswa SMA dengan menggunakan desain eksperimen kuasi. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis kreatif siswa. Selain itu, dilakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan umpan balik dari siswa dan guru mengenai penggunaan media pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif untuk menentukan efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Siswa menjadi lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan media pembelajaran Bahasa yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12