Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi

Authors

  • Ni Nengah Hediani

Keywords:

Eksposisi, Flipped Classroom, Mind mapping

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mepaparkan penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan mind mapping dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Teks eksposisi adalah tulisan berisi pemikiran penulis yang memaparkan, menjelaskan, atau menerangkan suatu ide/gagasan, serta menguraikan sesuatu dan informasi disampaikan dengan sejelas-jelasnya untuk memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca. Keterampilan menulis pada siswa dibangun melalui latihan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Manfaat model pembelajaran flipped classroom berbantuan mind mapping adalah 1) Pembelajaran mandiri, 2) Pengorganisasian pemikiran yang lebih baik, 3) Interaksi dan kolaborasi. Adapun Langkah-langkah penerapannya adalah sebagai berikut. 1) Persiapan sebelum pembelajaran (Pre-class), tahap ini meliputi penugasan materi dan pengenalan mind mapping. 2) Aktivitas kelas (in-class), tahap ini meliputi diskusi kelas, penyusunan mind mapping teks eksposisi. 3) Menulis Teks Eksposisi, tahap ini meliputi menuliskan teks eskposisi berdasarkan mind mapping yang telah dibuat. 4) Kolaborasi dan peer review, tahap ini meliputi diskusi kelompok, peer review. 5) Refleksi dan penyempurnaan teks, tahap ini meliputi refleksi dan revisi teks. 6) Evaluasi, tahap ini meliputi penilai individu dan refleksi guru. 7) Tindak lanjut, tahap ini meliputi penyempurnaan materi dan praktik mandiri. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12