Praktik Deep Learning dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy

Authors

  • Eva Dwi Kurniawan

Keywords:

deep learning, karya sastra, hermeneutik

Abstract

Pembelajaran mendalam menuntut adanya suasana belajar yang komprehensif, baik dari sisi pengajar, sarana, materi, dan kesiapan siswa. Pembelajaran ini memerlukan berbagai macam strategi agar tujuan esensial pendidikan dapat terlaksana dengan baik. Praktik dari pembelajaran mendalam (deep learning) dapat dilihat dalam karya sastra. Karya sastra menjadi media alternatif di dalam melihat persoalan pendidikan yang terjadi saat ini. Salah satu karya sastra yang membuat praktik deep learning adalah novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Novel yang di dalamnya menggangkat setting cerita di pesantren ini, memberikan alternatif dalam melihat praktik pembelajaran deep learning. Masalah yang dikedepankan dalam kajian ini adalah bagaimana praktik deep learning yang terdapat dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy? Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa praktik deep learning dalam novel tersebut direpresentasikan melalui kualitas pengajar, materi pengajaran, fleksibilitas mengajar dan kesiapan anak didik. Kajian ini berupa analisis kualitatif dengan menggunakan teori hermeneutik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12