Kreativitas Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Deep Learning

Authors

  • Ni Kadek Juliantari

Keywords:

kreativitas berbahasa, pembelajaran bahasa, pendekatan deep learning

Abstract

Belajar bahasa adalah belajar komunikasi. Atas dasar ini, pembelajaran bahasa memberikan peluang bagi para pengajar bahasa untuk mengemas pembelajaran secara kreatif tanpa mengabaikan fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi. Terlebih lagi kini dengan adanya gagasan pendekatan deep learning, yang terdiri atas 3 (tiga) komponen, yakni mindful learning (pembelajaran penuh perhatian), meaningful learning (pembelajaran bermakna), dan joyfull learning (pembelajaran menyenangkan) memberikan peluang sentral bagi pengembangan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran bahasa. Untuk itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai kreativitas dalam pembelajaran bahasa yang berorientasi pada pendekatan deep learning. Artikel disusun dengan data atau pengalaman empiris yang didukung pula dengan studi kepustakaan, serta wawancara terbatas. Hasil dan pembahasan pada artikel/makalah ini difokuskan pada kreativitas pembelajaran bahasa (Indonesia) yang menyentuh aspek mindful learning (belajar bahasa dengan penuh perhatian sesuai dengan kebaragaman potensi peserta didik), meaningful learning (belajar bahasa dengan penuh kebermaknaan dalam pengembangan keterampilan berbahasa secara terintegrasi dan kontekstual), dan joyfull learning (belajar bahasa secara menyenangkan melalui cara-cara yang kreatif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan deep learning ini selain dapat mendukung kreativitas dalam pembelajaran bahasa, juga dapat mengembangkan pola pikir anak secara komprehensif sesuai dengan minat dan bakatnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12