Metode One Man One Statement dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Rangsangan Kemahiran Berbicara

Authors

  • Syahriandi
  • Radhiah

Keywords:

metode, one man one statement, bahasa Indonesia, berbicara

Abstract

Dalam pembelajaran sering didapati bahwa mahasiswa kurang berani dalam menyampaikan pendapat. Mahasiswa sering hanya diam mendengarkan pembelajaran. Padahal, banyak hal yang masih kurang dipahami oleh mahasiswa. Hal ini menjadikan peroses pembelajaran hanya berjalan searah, yaitu hanya pengajar yang aktif di dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran seperti ini hanya sebatas apa yang disampaikan oleh pengajar, tanpa ada proses pengembangan yang lebih jauh dari berbagai argument atau pertanyaan mahasiswa. Banyak sebab yang menjadikan mahasiswa hanya diam mendengar, salah satunya, kurangnya keberanian mahasiswa dalam bertanya atau menyampaikan pendapat. Kekurangberanian tersebut dapat disebabkan oleh kecemasan ketika hendak berbicara. Motode one man one statement merupakan salah satu model yang dapat mengurangi kecemasan mahasiswa dalam berbicara serta dapat mendorong atau merangsang mahasiswa dalam berlatih untuk memberikan berbagai pendapat, pandangan, atau masukan dalam setiap pembelajaran. Motode ini dirasa tepar jika diterapkan pada mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Mahasiswa dapat lebih terbiasa atau terlatih sehingga dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam memberikan pendapat. Mahasiswa terlatih setiap harinya untuk memberikan pernyataan sehingga lambat laun menjadi terbiasa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12