Proyek Ronggeng Dukuh Paruk: Perkuliahan Prosa Fiksi Berpendekatan Literasi

Authors

  • I Wayan Artika

Keywords:

prosa fiksi, pembelajaran berbasis proyek, pendekatan literasi, ronggeng dukuh paruk

Abstract

Makalah ini membahas inovasi dalam perkuliahan prosa fiksi melalui penerapan pendekatan berbasis proyek (project-based learning) yang terintegrasi dengan penguatan literasi. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, memperdalam pemahaman mereka terhadap unsur-unsur prosa fiksi, serta mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif (deep reading, deep learning). Dalam pelaksanaannya, mahasiswa membaca dan menganalisis trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (karya Ahmad Tohari). Pendekatan literasi digunakan untuk merancang aktivitas perkuliahan yang berupa membaca karya sastra (novel). Sumber data penelitian adalah perkuliahan prosa fiksi pada mahasiswa semester IV (kelas A, B), Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha. Membaca dilakukan secara langsung, mandiri, dan mendalam. Data yang dianalisis berupa pengalaman perkuliahan, catatan perkuliahan, aktivitas perkulihan mahasiswa, dan catatan-catatan dosen. Data dikumpulkan dengan wawancara atau tanya jawab, observasi partisipasi, dan catatan atau jurnal perkuliahan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. Mahasiswa berjarak dengan kesusastraan Indonesia namun demikian, perkuliahan ini dimaksudkan sebagai pengenalan kepada sastra bangsa. Penerapan pendekatan literasi yang bertujuan untuk membudayakan minat baca mahasiswa, mengalami sejumlah hambatan, seperti daya tahan mahasiswa dalam membaca teks tergolong rendah, kecepatan membaca juga tergolong rendah, tidak menyukai genre novel, mahasiswa tidak terlatih/terbiasa membaca buku. Model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan literasi memberi sejumlah pengalaman penting, yaitu mengenalkan mahasiswa secara langsung dengan novel terpenting karya sastrawan besar Indonesia (Ahmad Tohari), mengenal teknik membaca secara praktis, mengenalkan mahasiswa pada hambatan-hambatan membaca dan menemukan jalan keluar dari permasalahan ini, memahami aspek-aspek teori sastra (unsur intrinsik fiksi) lewat membaca novel secara langsung, berkelanjutan, mendalam, dan mandiri. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12