Transformasi Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Deep Learning: Inovasi dan Tantangan di Sekolah
Keywords:
transformasi asesmen, pembelajaran bahasa, deep learning, inovasiAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada guru tentang asesmen dalam pendekatan pembelajaran deep learning. Dalam penelitian ini, digunakan library research. Sumber datanya adalah berbagai artikel ilmiah, buku yang relevan. Teknik yang digunakan pengolahan data adalah teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pendekatan deep learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pemahaman mendalam terhadap suatu materi. Oleh karena itu, untuk mengukurnya diperlukan berbagai teknik penilaian, seperti portopolio, asesmen berbasis proyek, dan lain-lain. Asesmen ini akan menghasilkan berbagai inovasi dalam pelaksanaan asesmen, yang berbeda dengan asesmen tradisional. Walaupun demikian, penerapan asesmen ini juga mengadapi banyak tantangan, di antaranya: keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman guru tentang konsep deep learning, dan cara menerapkannya dalam asesmen.