Strategi Membangun Iklim Pembelajaran yang Positif dan Menyenangkan di Kelas: Harapan Peserta Didik terhadap Sikap Pendidik
Keywords:
strategi, pembelajaran, positif, menyenangkan, sikapAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi membangun iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan sesuai harapan peserta didik terhadap pendidik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Riau dengan jumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian menggunakan prosedur tematik
berdasarkan data temuan terkait harapan peserta didik terhadap sikap pendidik membentuk iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan harapan peserta
didik terhadap pendidik dapat bersikap profesional, bersahabat dan tidak pemarah,
mengapresiasi, memotivasi, ramah, tidak men-judges (ketika berbuat salah), digugu dan ditiru, serta tidak pilih kasih (adil) terhadap semua peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Sikap
atau perilaku pendidik saat melaksanakan pembelajaran di kelas memberikan dampak terhadap kualitas belajar peserta didik bahkan dapat membentuk iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan di kelas. Sikap yang baik dari pendidik dapat memperkuat motivasi dan semangat belajar peserta didik serta membantu mereka meraih keberhasilan.