Menyelami Keberagaman Melalui Sastra Multikultural: Mempertimbangkan Kritik Ganzheit dalam Pembelajaran Sastra dengan Pendekatan Deep Learning
Keywords:
sastra multikultural, kritik ganzheit, deep learning, keberagaman, toleransiAbstract
Makalah ini merupakan kajian konseptual tentang sastra multikultural dalam pembelajaran sastra
dengan pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) yang mempertimbangkan metode
kritik ganzheit sebagai wahana pendidikan multikultural siswa. Kritik ganzheit menekankan
pemahaman utuh terhadap karya sastra dengan mempertimbangkan aspek struktur, isi, bahasa, serta
konteks sosial dan kulturalnya. Dalam konteks sastra multikultural, pendekatan ini memungkinkan
siswa menghayati realitas keberagaman secara menyeluruh dan reflektif. Dengan telaah teoretis dan
pendekatan kualitatif-deskriptif, makalah ini menegaskan bahwa integrasi kritik ganzheit dalam
pembelajaran sastra, khususnya sastra multkultural, dengan pendekatan deep learning dapat
membentuk sensitivitas budaya, empati, dan sikap toleran siswa. Pembelajaran tidak berhenti pada
pemahaman teks, tetapi berkembang menjadi pemaknaan nilai-nilai kemanusiaan dan sosial yang
melekat dalam karya. Makalah ini merekomendasikan strategi pembelajaran yang menggabungkan
pembacaan holistik, diskusi kontekstual, dan refleksi kritis untuk memperkuat pendidikan karakter
toleransi melalui sastra multikultural.