PEMBELAJARAN MENDALAM BAHASA INDONESIA BERBASIS MINDFUL, MEANINGFUL, DAN JOYFUL LEARNING

Authors

  • Isah Cahyani

Keywords:

pembelajaran mendalam, mindful learning, meaningful learning, joyful learning, bahasa Indonesia, evaluasi autentik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran mendalam
(deep learning) berbasis mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning dalam
konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di perguruan tinggi. Fokus utama diarahkan
pada bagaimana prinsip-prinsip tersebut diintegrasikan ke dalam model, media, dan evaluasi
pembelajaran yang efektif dan humanistik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis dokumen. Data diperoleh dari hasil
observasi terbatas, studi literatur, refleksi praktik pengajaran, serta tanggapan guru dan
mahasiswa melalui survei sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru
dan mahasiswa merespons positif prinsip pembelajaran mendalam. Sebanyak 90% mahasiswa
dan 88% guru setuju bahwa pendekatan meaningful learning memberikan dampak positif
terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berbahasa. Sementara itu, joyful learning
dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan emosional siswa.
Pembahasan menunjukkan bahwa keberhasilan pendekatan ini sangat dipengaruhi oleh
kreativitas pendidik dalam merancang aktivitas belajar berbasis pengalaman, pemanfaatan
media interaktif, serta evaluasi autentik yang menekankan proses dan refleksi. Studi kasus pada
pembelajaran menulis reflektif menunjukkan integrasi ketiga prinsip mampu menghasilkan
karya yang personal, bernilai, dan membangun kesadaran sosial mahasiswa. Implikasi dari
penelitian ini adalah pentingnya pelatihan bagi guru untuk mengembangkan literasi pedagogik
digital dan desain pembelajaran berbasis pengalaman. Pembelajaran mendalam bukan hanya
strategi, tetapi juga filosofi pendidikan yang memberdayakan dan memanusiakan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-12