STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL
Keywords:
pembelajaran bahasa Indonesia, kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis
nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bertujuan
memaparkan hasil kajian dari berbagai sumber pustaka yang memuat informasi tentang bentukbentuk strategi dalam pembelajaran, pembelajaran bahasa Indonesia, dan kearifan lokal.
Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal merupakan model pembelajaran bahasa
Indonesia yang digunakan untuk mendeskripsikan, menafsirkan, dan merespons budaya lokal.
Pembelajaran tersebut diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal. Bentuk integrasi tersebut
berupa strategi maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia. Menggali dan melestarikan berbagai
unsur kearifan lokal, tradisi dan pranata lokal, termasuk norma dan adat istiadat yang bermanfaat
dapat berfungsi secara efektif dalam pendidikan karakter, melakukan kajian, dan pengayaan dengan
kearifan-kearifan baru.