Penerapan Model Scramble Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Pemahaman Menyusun Kalimat Berpola SPOK di SMA

Authors

  • Made Tania Dwitayanti
  • Kadek Wirahyuni

Keywords:

Kalimat, Model Pembelajaran, Scramble, Wordwall

Abstract

Penguasaan struktur kalimat dan pola kalimat merupakan hal penting dalam melakukan
komunikasi, karena dengan penguasaan struktur dan pola SPOK secara baik dengan lisan ataupun
tulisan akan menjadikan kalimat menjadi sistematis sehingga mudah dipahami. Pendidik perlu
menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan
pemahaman siswa dalam menyusun kalimat yang sesuai dengan struktur pola SPOK yakni
mengimplementasikan model pembelajaran Scramble atau model pembelajaran yang dapat
meningkatkan kosentrasi dan kecepatan serta ketepatan berpikir siswa dengan mengajak siswa
menentukan jawaban dan pertanyaan secara kreatif yang disusun secara acak serta memanfaatkan
media pembelajaran digital seperti Wordwall. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber
belajar, media, dan alat penilaian secara gratis. Terdapat beragam fitur dalam aplikasi Wordwall,
salah satunya template macth up yang mendukung model pembelajaran seperti Scramble. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran
berbasis digital dan (2) untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Scramble
berbantuan Wordwall dalam meningkatkan pemahaman menyusun kalimat berpola SPOK. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian (1) Wordwall
dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis digital dan (2) Model pembelajaran Scramble
berbantuan Wordwall menujukan peningkatan pemahaman siswa dalam menyusun kalimat berpola
SPOK.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-06