Analisis Evaluasi Pembelajaran Bahasa Kelas VII SMP:Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Distrator

Authors

  • Ni Made Lidia Hindriyani
  • Kadek Wirahyuni

Keywords:

Kesulitan, Daya Beda, Distraktor

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu proses pembelajaran yang dilaksanakan secara aktif untuk
dapat mengembangkan potensi peserta didik. Sebuah pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan
maksimal apabila seluruh kompotensi pembelajaran dilaksanakan secara baik. Dalam
Permendiknas nomor 16 tahun 2007 menyatakan bahwa kompotensi guru meliputi kompotensi
Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional. Salah satu kompotensi pembelajaran yakni
kompotensi evaluasi. Dapat dinyatakan bahwa untuk mendapatkan sebuah hasil dari evaluasi
seorang guru wajib melaksanakan analisis kegiatan evaluasi guna dapat menyatakan keberhasilan
kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yakni deskripsi kualitatif dengan studi Pustaka. Analisis evaluasi dalam pembelajaran meliputi tiga
ranah, yakni ranah tingkat kesulitan, ranah daya beda dan ranah distraktor. Ranah tingkat kesulitan
bertujuan untuk dapat menjabarkan identifikasi soal-soal yang baik ataupun yang perlu diperbaiki
oleh guru untuk dapat menyetarakan soal-soal yang dibuat. Ranah daya beda dapat membedakan
kulitas sebuah butiran soal, dan ranah distraktor meningkatkan konsentrasi peserta tes. Adapun
tujuan dari pelaksanaan analisis evaluasi pembelajaran bahasa kelas VII SMP: Tingkat Kesulitan,
Daya Beda dan Distraktor adalah analisis evaluasi ini dapat memberikan gambarkan kepada guru
untuk menulis soal yang cocok dalam kegiatan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-06