Mewujudkan Generasi Muda yang Beretika dan Berestetika dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Society 5.0

Authors

  • Ni Made Dwi Sintia Wulandari
  • Kadek Wirahyuni

Keywords:

Blanded Learning, Information and Communication Technology

Abstract

Upaya menjawab tantangan pembelajaran bahasa Indonesia di era 5.0, pembelajaran berbasis
Information and Communication Technology (ICT) menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan
oleh guru secara strategis. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis ICT merupakan salah satu
perwujudan pembelajaran bahasa Indonesia yang memanfaatkan ICT sebagai mediumisasi dalam
pembelajaran di sekolah. Hal inilah yang menuntut guru untuk serta merta menguasai teknologi
mulai dari hardware dan software. Selain itu pembelajaran berbasis ICT juga menuntut guru untuk
memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki kecakapan serta keterampilan yang tinggi di bidang
yang ditekuninya, berkemampuan dalam memilih dan menggunakan metode serta strategi
pembelajaran baik berupa media yang tentunya cocok digunakan dalam pembelajaran. Salah satu
model pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat diterapkan melalui penggunan media berbasis ICT
adalah model Blanded Based Learning. Blanded Based Learning merupakan model pembelajaran
yang mengkombinasikan antara pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka. Melalui
model pembelajaran ini dapat menciptakan suasana belajar yang aktif terhadap interaksi antara guru
dan sesama peserta didik, dan dengan model ini peserta didik tidak akan merasa dibatasi oleh ruang
dan waktu antara pendidiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-06