Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Materi Teks Cerita Sejarah
Keywords:
media audiovisual, menyimak, teks sejarahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang efektifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran dan hanya didasarkan pada ketepatan dalam pemilihannya saja pada setiap pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Tujuan penelitian adalah, 1) Untuk mengetahui keterampilan menyimak siswa kelas XII SMK Pariwisata Dalung, 2) Untuk mengetahui penggunaan media audio-visual pada materi Teks Cerita Sejarah siswa kelas XII SMK Pariwisata Dalung, 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas XII SMK Pariwisata Dalung pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks cerita sejarah setelah menggunakan media audio-visual. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus (Pra Siklus, Siklus 1, Siklus 2). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes (test and re-test), pedoman wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata tes akhir menyimak setelah mendapatkan perlakuan efektivitas penggunaan media audiovisual dari setiap siklusnya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual efektif dan berpengaruh positif dalam pelaksanaan pembelajaran daripada menggunakan metode ceramah atau metode konvensional. Hal tersebut juga ditunjukkan dari hasil tes yang dilakukan, bahwa kelas yang menggunakan media audio visual dalam pembelajarannya mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dari yang tidak menggunakan media audio visual dalam melakukan pembelajaran