Perspektif Etik dalam Pembelajaran Sastra
Keywords:
perspektif etika, pembelajaran sastraAbstract
Pembelajaran sastra yang berkualitas merupakan pembelajaran sastra yang menitikberatkan adanya keharmonisan antara aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Ketiga aspek ini wajib diimplementasikan tenaga pendidik dalam pembelajaran sastra. Perspektif etika dalam pembelajaran sastra menjadi fondasi yang sangat fundamental dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sebelum melaksanakan proses pembelajaran,guru harus membuat perencanan dengan baik yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau Modul Ajar atau Rencana Pembelajaran Semester.Pada tahap pelaksanaan pembelajaran,seorang guru harus menguasai materi pembelajaran,penggunaan model pembelajaran inovatif,pemilihan metode dan media pembelajaran yang variasi,serta mencarai sumber belajar yang terbaru. Dalam melakukan evaluasi,seorang guru harus menilai pembelajaran secara komprehensif baik berupa proses dan produk atau hasil belajar. Penilaian yang dilaksanakan harus meliputi aspek afektif,kognitif,dan psikomotorik.Apabila ketiga langkah ini dilaksanakan dengan baik oleh tenaga pendidik maka pembelajaran sastra yang berkualitas dapat diwujudkan